BirokrasiTabanan

Tekan Kecelakaan, Puluhan Sopir Truk Dicek Kesehatannya di Pintu Masuk Tabanan

    TABANAN, Kilasbali.com-Sebagai upaya dalam menekan angka kecelakaan lalulintas, Polres Tabanan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis khususnya bagi pengemudi truk yang melintas di wilayah hukum Polres Tabanan. Sebanyak 88 sopir truk dan bus yang melintasi wilayah Polres Tabanan dicek kesehatanya, Rabu ( 18/7/2018).

    Pengecekan kesehatan yang digelar jajaran Satuan Lalulintas Polres Tabanan, dibantu dari tim Dinas Kesehatan Tabanan difokuskan di pintu masuk wilayah barat Tabanan. Tepatnya di Rest Area warung pantai Dusun Selabih Wanasari, Kecamatan Selemadeg Barat Tabanan. Dimana pada kegiatan pemeriksaan kesehatan sopir truk dan bus ini dipantau langsung oleh Kapolres Tabanan, AKBP I Made Sinar Subawa.

    Dari 88 sopir truk dan bus yang diperiksa sebaian besar dalam kodisi sehat. Namun dari jumlah itu sebanyak 34 sopir mengalami tensi tinggi. “ 54 pengemudi dalam keadaan sehat. Sedangkan sebanyak 34 pengemudi mengalami tensi tinggi 190/110,” jelas Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa.

    Kapolres Tabanan AKBP Sinar Subawa menambahkan, angka kecelakaan di wilayah Polres Tabanan khususnya di jalur Denpasar Gilimanuk sangat sering terjadi. Hal tersebut diduga disebabkan truk memuat muatan lebih dan supirnya dalam kondisi kurang fit sehingga kerap terjadi kecelakaan, baik itu truk mundur maupun terbalik. Untuk itu kegiatan pemeriksaan kesehatan kepada para pengemudi truk dan bus yang memasuki wilayah Tabanan bertujuan untuk mengetahui kondis fisik si pengemudi. “Karena memasuki wilayah Tabanan membutuhkan konsetrasi tinggi dan stamina yang stabil,” jelas Kapolres Sinar Subawa. Ketika pengemudi sudah dalam keadaan sehat dan fit, secara otomatis dapat mengemudikan kendaraanya dengan baik. “Upaya ini juga bertujuan untuk menekan kecelakaan lalulintas,” tandasnya.

    Baca Juga:  Komisi IV DPRD Tabanan Ingatkan PPDB Dipersiapkan Lebih Dini

    Upaya upaya seperti ini akan terus dilakukan bekesinambungan. Sehingga kesehatan para pengemudi terkontrol yang berimbas pada kelencaranan lalu lintas. Usai dilakukan pemeriksaan para pengemudi juga diberikan vitamin sehingga mampu memulihkan staminanya.“Kami juga menghimbau kepada para pengemudi untuk tidak membuat barang melebihi tonase,” terangnya.

    Supriadi salah satu pengemudi truk asal Jawa Timur mengaku senang dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis dari jajaran Polres Tabanan. Ia pun berharap kegiatan itu rutin dilakukan. “Kalau bisa satu bulan sekali diadakan pengecekan kesehatan gratis ini kepada para sopir,” harapnya.

    Hal senada juga diungkapkan oleh sopir truk fuso I Made Rai Merta (60). Menurutnya pemeriksaan kesehatan bagi para sopir truk ini sangat positif. Dimana pada pemeriksaan kesehatan tersebut tensinya mencapai 190, sehingga oleh dokter dirinya diberikan obat serta disarankan untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Menurut kakek asal Desa Surabrata, Kecamatan Selemadeg Barat ini dari tahun 1975 sudah biasa mengemudikan truk jalur Jawa-Bali. Dan apabila dirinya merasa capek atau ngantuk selalu dibawa istirahat tidak pernah memaksakan diri sehingga perjalanan tetap aman. ” Tadi pas dicek tensi saya katanya 190, sama dokter disuruh istirahat sebentar sama dikasi obat, agar kondisi saya lebih setabil,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Dukung Kesejahteraan Nelayan, DPRD Tabanan Perjuangkan Lobster 100 Gram Bisa Dijual

    Kegiatan yang digelar dari pukul 11.00 hingga pukul 13.00 Wita itu tidak menemukan benda yang mencurigakan seperti obat terlarang, senjata tajam dan lainya. (*KB).

    Back to top button

    Berita ini dilindungi