BirokrasiTabanan

Wabup Sanjaya Dorong Pemanfaatan Lahan Tidur Untuk Peningkatan PAD Tabanan

    TABANAN, Kilasbali.com-Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mendorong organisasi perangkat daerah ( OPD ) dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tabanan. Hal itu diungkapkan Sanjaya, rabu (19/9/2018).

    Wabup Sanjaya mengatakan sejak mendampingi Bupati Tabanan dari tahun 2010, APBD Tabanan hanya Rp 100 Milyar dan saat ini di tahun 2018 APBD Tabanan Rp 400 Milyar. “Jadi masih banyak yang perlu dibangun, apalagi kita memiliki cita cita besar untuk menaikan PAD,” jelasnya. Saat ini kata Sanjaya, para pebisnis dari Badung maupun Denpansar mulai melirik Tabanan sebagai tempat mengembangkan usahanya. Karena Tabanan sebagai penunjang Denpasar. Sanjaya menegaskan sejatinya Tabanan memiliki pontensi yang luar biasa untuk menambah pundi pundi PAD. Namun potensi itu belum bisa digarap dengan maksimal karena berbagai faktor. “Saya yakin kita di Tabanan mampu meningkatkan PAD kita, “ tegasnya.

    Baca Juga:  Desa Megati Bersiap Diri Menjadi Kampung Alpukat

    Sejauh ini Sanjaya melihat potensi lahan tidur sepanjang yang ada di pantai Tabanan mulai dari timur sampai barat. “Karena terkendala regulasi para pengusaha pemilik lahan di sepanjang pantai di Tabanan tidak bisa berivestasi maksimal,” tadasnya. Padalah para pengusaha seperti Sopyan Wanandi berkeinginan memabangun hotel bitang 5 di Tabanan. Namun karena terbentur regulasi yang hanya membolehkan membangun vila atau bungalow di lokasi tersebut. “Mereka juga punya gengsi, kemampuan mereka bisa membangun hotel bintang 5, kok hanya membangun bungalow atau villa, itu yang menjadi kendala,” tandasnya. Kedepan ia berharap di lahan tidur yang ada di sepanjang pantai Tabanan bisa dibangun hotel bintang 5 namun tetap berpatokan pada Tata Ruang Provinsi Bali. “ Tabanan tinggal menunggu waktu saja, dan masih banyak potensi untuk bisa menaikan PAD, “ tandasnya. (*KB).

    Back to top button

    Berita ini dilindungi