Seni BudayaTabanan

Kenalkan Aksara Bali Sejak Dini, Ratusan Siswa SD Ikuti Lomba Nyurat Aksara Bali

    TABANAN, Kilasbali.com-Ratusan siswa SD se – Kabupaten Tabanan ikut lomba nyurat aksara Bali yang digelar Dewan dan Klinik Pendidikan pada Kamis (1/11/2018). Lomba digelar sebagai upaya membiasakan diri mengenal tulisan ibu sejak usia dini. Meskipun demikian Dewan Pendidikan menyayangkan UPT Pendidikan Marga tidak mengirimkan peserta dengan alasan persiapan Hut Kota Tabanan yang digelar di Kecamatan Marga.

    “Sangat disayangkan, UPT Disdik Marga saja tidak mengirim pesertanya, dengan alasan ada kegiatan hut kota, padahal potensi banyak disana, tetapi tidak dipakai, seharusnya bisa di diatur jadwalnya. Apalagi banyak SD disana, “ungkap Ketua Dewan Pendidikan Tabanan, I Wayan Madra Suartana.

    Baca Juga:  DPRD Tabanan Dorong Percepatan Realisasi Desa Presisi

    Kata dia, padahal kegiatan yang digelar ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan pendidikan karakter yang diamanatkan oleh pemerintah daerah serta Pergub 80 tahun 2018 tentang penggunaan aksara Bali.

    Dan memiliki tujuan agar siswa SD membiasakan diri hingga ke jenjang berikutnya mengenal tulisan aksara Bali. Apalagi saat ini, kecenderungan siswa lebih dominan menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari.

    Baca Juga:  Komisi IV DPRD Tabanan Minta Pemerintah Serius Tangani Sekolah Rusak

    Bahkan banyak pula yang memilih les bahasa asing untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah. “Supaya membiasakan diri, bukan meniadakan bahasa lain tetapi bagaimana kearifan lokal bahasa ibu jangan dilupakan,”terangnya.

    Meski demikian peserta yang mengikuti sangat antusias. Sekitar 110 siswa SD se- Kabupaten Tabanan. Karena setiap kecamatan ada yang mengirimkan lebih dari 10 orang. “Kami harapalkan dengan kegiatan lomba ini siswa semakin terbiasa mengenal dan membaca,” tandasnya.

    Setelah dibagi dalam dua sesi dan melewati tahap penjurian akhirnya ada tiga siswa yang berhak membuawa piagam dan dana pembinaan. Yang meraih juara 1, Putu Darma Yuda dari SDN 1 Biaung, Kecamatan Penebel. Juara 2, Desak Gede Mas Suryaningsih dari SDN 2 Dajan Peken, Kecamatan Tabanan  dan juara III, I Made Joe Rama Candra dari SDN 3 Wanagiri, Kecamatan Selemadeg Barat.

    Baca Juga:  Tradisi Melasti Se-Desa Adat Blahbatuh

    Mereka yang memperoleh juara tersebut akan tampil di HUT Kota Tabanan pada takhir November mendatang. (*KB).

    Back to top button

    Berita ini dilindungi