Denpasar

77 Personel Satgas Teritorial Kodam IX/Udayana Diberangkatkan

    DENPASAR, Kilasbali.com – Dalam rangka melaksanakan fungsi teritorial, sebanyak 77 Personel TNI Angkatan Darat dari Jajaran Kodam IX/Udayana diberangkat menuju wilayah penugasan di wilayah Papua.

    Personel tersebut berasal dari satuan jajaran Korem 161/Wira Sakti, Korem 162/Wira Satya dan Korem 163/ Wira Satya, yang akan ditugaskan di wilayah penugasan Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.

    Penugasan secara Bawah Komando Operasi atau BKO puluhan personel ini merupakan upaya memaksimalkan struktur organisasi dan juga memperkuat jumlah personel, serangkaian pembangunan nasional di bidang pertahanan yang sedang berlangsung di Papua yakni pembangunan Komando Distrik Militer atau Kodim.

    Hal tersebut disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, S.I.P., saat memberikan pembekalan secara khusus kepada Personel Satgas Teritorial yang berasal dari Korem 163/Wira Satya, Kamis (04/07/2019) di Lapangan Makorem setempat.

    Baca Juga:  Realisasi Pajak Daerah Pemkot Denpasar 29,16 Persen pada Triwulan I 2024

    “Tugas yang dilaksanakan bukanlah tugas tempur atau operasi tempur, tetapi tugas lain kaitannya dengan fungsi utama kita di bidang teritorial. Mereka yang berangkat dari beragam pangkat, Perwira ada, Bintara ada, Tamtama ada,” jelas Pangdam kepada wartawan, yang juga didampingi Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si.

    Dalam kesempatan tersebut, Pangdam juga mengatakan kegiatan teritorial tersebut akan terus berlanjut hingga Kodam setempat dapat dianggap mandiri secara organik personelnya terpenuhi.

    Kemudian, Pangdam menyebutkan bagi mereka yang ditugaskan ke Papua berpeluang naik pangkat, bagi mereka yang ingin tugas dan menetap di Papua.

    Namun Pangdam menegaskan, persoalan naik pangkat bukanlah hal utama yang harus disasar personel, yang lebih penting adalah memaknai tugas sebagai tanggung jawab.

    Baca Juga:  Pemkot Denpasar Anggarkan Rp3,250 M Dukung Duta PKB XLVI

    “Kita tahu, daerah sana tantangannya besar, sehingga sebagai suntikan motivasi dengan memberi reward atau penghargaan kepada mereka yang mau menjadi organik, akan diberikan pangkat,” tegas Pangdam.

    Sementara, Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., dalam kesempatan itu menjelaskan penugasan ini dirancang untuk satu tahun, sehingga pada tahun 2020 mendatang akan dilakukan pergantian personel.

    Aster Kasad yang seangkatan dengan Pangdam IX/Udayana tersebut juga menjelaskan hingga kini di Papua sudah dibangun 12 Kodim baru dan juga termasuk beberapa Koramil baru, yang perlu untuk dikembangkan dan diperkuat.

    Semua Kodam dari wilayah Indonesia mengirimkan personelnya, masing-masing jumlahnya berbeda sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Kodim induknya.

    Baca Juga:  PLN Bali Siap Sambut Arus Balik, Siaga dan Waspada di SPKLU

    “Kita berharap program ini berjalan lancar,” tegas Aster Kasad yang selama kunjungan kerja di wilayah Kodam IX/Udayana untuk mengetahui pelaksanaan Pembinaan Teritorial atau Binter Terpadu di wilayah Kodim 1619/Tabanan, Bali.

    Di akhir kegiatan upacara pelepasan yang dipimpin oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., , para personel yang akan melaksanakan penugasan bersalaman dengan Pangdam IX/ Udayana, Aster Kasad dan Pejabat Utama Kodam IX/Udayana serta Para Dandim Jajaran Korem 163/Wira Satya.

    Selain itu, suasana menjadi haru ketika para personel berpamitan dengan istri, anak dan keluarga mereka, bahkan salah seorang istri personel tak mampu menahan air mata haru melepas kepergian suami dalam menjalankan tugas. (kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi