Gianyar

Sebulan di China, Bule Rusia Dirawat RS Sanjiwani

    GIANYAR, Kilasbali.com – Penanganan seorang pasien berkewarganegaraan asing di RSU Sanjiwani Gianyar, Selasa (3/3/2020) menuai perhatian. Pasalnya, petugas yang menangani pasien ini lengkap menggunakan Alat Pelindung Diri (PAD). Terlebih lagi, penanganannya dilakukan terpisah di ruangan khusus, sebagaimana penanganan pasien yang terpapar virus berbahaya dan menular.

    Dari informasi yang diterima, Pasien perempuan dengan inisial KD menderita panas tinggi dan batuk-batuk. Namun, pihak rumah sakit tidak tidak ada menyatakan jika bule ini ada kaitannya dengan dugaan suspeck corona atau tidak.

    Hanya saja karena, didasari riwayat perjalanannya, antisipasi tetap dilakukan. Kedatangan KD yang ditemani teman prianya ke RSUD Sanjiwani, lantaran menderita panas dan batuk sejak Minggu (1/3/2020).

    Disebutkan pula jika KD datang ke Bali pada 24 Februari 2020. Sebelum ke Bali, ia memiliki riwayat perjalanan ke Philipina sebulan lalu. “Selain itu, KD juga pernah tinggal di China selama satu bulan,” ungkap salah seorang sumber.

    Baca Juga:  Pemkot Denpasar Anggarkan Rp3,250 M Dukung Duta PKB XLVI

    Dirut RSUD Sanjiwani Gianyar, Ida Komang Upeksa mengatakan, pasien tersebut saat ini sudah ditempatkan di ruangan khusus. Pihaknya pun telah mengambil sample darah yang bersangkutan, untuk diuji laboratorium.

    Diakuai, jika penanganan pasien ini dilaksanakan secara  khusus. Namun untuk Untuk positif atau negatif terpapr virus tertentu, pihaknya belum berani memastikan.

    “Masih kami cek, sampelnya sudah diambil dan akan diuji di lab. Tapi yang berhak mengumumkan kondisi pasien ini  adalah provinsi,” lemparnya.

    Baca Juga:  Pilkada Gianyar, Tagel Bahas Koalisi

    Terkait fasilitas RSUD Sanjiwani yang dijadikan sebagai salah-satu RSUD rujukan jika ada pasien corona, Upeksa mengatakan saat ini masih melakukan persiapan.

    Kata dia, ada tiga ruangan yang disiapkan, dan saat ini ruangan tersebut masih dalam proses renovasi untuk melengkapi standar kamar untuk pasien virus menular.

    Renovasi yang dimaksudkannya, penambahan bed, upgrade AC dan exhaust fan supaya sesuai standar. Selain itu, pihaknya juga tengah merancang alur evakuasi, renovasi toitel dan penyiapan tenaga medis.

    Ruangan khusus ini nantinya akan sangat tertutup atau tidak mengalami kebocoran, baik kebocoran udara sekalipun. Terkait tenaga medis, Upeksa menegaskan hal tersebut tidak ada masalah.

    Sebuah dokter yang dibutuhkan sudah ada, seperti dokter spesialis paru-paru, spesialis anak dan para ahli penyakit dalam.

    Baca Juga:  Begini Penampilam Gong Kebyar Duta PKB Kabupaten Gianyar

    “Kami masih membutuhkan beberapa fasilitas dan sedang dipersiapkan,” ujarnya.

    Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Gianyar, Ida Ayu Cahyani mengimbau masyarakat tidak terlalu panik.

    Masyarakat saat ini harus menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat mengindari tempat umum yang berpotensi berdesak-desakan.

    Terkait bersalaman, pihaknya meminta agar sementara waktu tidak berjabat tangan. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi