Denpasar

Tim Wasrik Itjenad Audit Korem Wira Satya

DENPASAR, Kilasbali.com – Korem 163/Wira Satya menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat atau Itjenad, Selasa (17/03/2020) bertempat di Makorem 163/Wira Satya.

Kehadiran Tim Wasrik Itjenad dipimpin oleh Ketua Tim Kolonel Inf Suko Basuki dengan menyertakan 7 Perwira Pemeriksa dan 1 Bintara Operator di Korem 163/Wira Satya dalam rangka melakukan pengawasan dan pemeriksaan post audit terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun anggaran 2019.

“Kehadiran dan kedatangan kita di Korem 163/Wira Satya adalah dalam rangka melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap program kerja dan anggaran Korem 163/Wira Satya, Ajendam dan Keuangan Kodam IX/Udayana yang sudah dilaksanakan di tahun anggaran 2019,” jelas Kolonel Suko Basuki.

Baca Juga:  Dalami Ranperda Inisiatif P4GN Undang Pakar Hukum Adat

Dengan demikian ada tiga satuan menjadi entitas atau obyek pemeriksaan yang dipusatkan di Makorem yaitu Korem 163/Wira Satya, Ajendam dan Keuangan Kodam IX/Udayana.

Menurutnya Post Audit tersebut dilaksanakan oleh Itjenad adalah untuk menilai program kerja dan anggaran tahun 2019. Sejauh mana kinerja dan pengelolaan anggaran yang dilaksanakan. Apa sudah sesuai dengan ketentuan atau aturan yang berlaku.

Pengawasan dan pemeriksaaan oleh Itjenad adalah sebagai langkah awal terhadap pemeriksaan lanjutan yang dilakukan instansi terkait lainnya semacam BPK, sehingga harapannya jika semua sudah berjalan baik maka penilaian wajar tanpa pengecualian atau WTP akan dapat tercapai.

Baca Juga:  Tangkapan Lobster Jadi Berkah Akhir Tahun

“WTP sesungguhnya bukan menjadi prestasi semata, tetapi sesuai harapan pemerintah menjadikan kewajiban atau keharusan bagi setiap lembaga atau institusi untuk melakukan kinerja yang baik sesuai aturan yang berlaku saat ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, Wasrik Itjenad juga sebagai bagian kesiapan untuk menghadapi kinerja pada program kerja dan anggaran tahun 2020.

Sementara itu Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., menyebutkan Wasrik adalah sebagai sarana untuk melihat kondisi satuan Korem 163/Wira Satya dan dua satuan lainnya dari aspek kinerja.

Baca Juga:  Hakordia 2022, Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi

“Ibarat ingin melihat bagian belakang dari tubuh kita maka kita butuh cermin atau bantuan orang lain, artinya kita tidak dapat menilai diri kita sendiri, seperti terkait kinerja maka Tim Wasriklah yang bisa menilai kita,” ungkap Danrem.

Pihaknya berharap dengan adanya pengawasan dan pemeriksaan maka pekerjaan akan semakin terkontrol dan dari hari ke hari dapat bekerja dengan baik sesuai tugas pokok dan fungsi serta sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button