Denpasar

PDP Covid-19 di Bali, 87 Negatif dan 9 Positif

DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengungkapkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Disease (Covid-19) secara komulatif kurang lebih sebanyak 130 orang.

“Dari jumlah itu, 87 telah keluar hasil lab dan dinyatakan negatif. Sedangkan untuk yang positif sebanyak 9 orang. Yang positif 4 WNA, dan 5 WNI,” kata Gubernur asal Sambiran, Buleleng ini, Sabtu (28/3/2020).

Sedangkan untuk sisa PDP lainnya sebanyak 38 orang, kata dia, masih dirawat di RS Sanglah dan rumah sakit rujukan lainnya. “Total ruang isolasi dari 11 rumah sakit rujukan yang kita miliki sebanyak 88 ruang isolasi,” tegasnya.

Baca Juga:  Dalami Ranperda Inisiatif P4GN Undang Pakar Hukum Adat

Gubernur Koster juga mengungkapkan bahwa Bali sudah bisa melakukan uji lab mandiri yang dilakukan di Laboratorium Rumah Sakit Sanglah, dan telah mendapatkan izin dari Menteri Kesehatan. “Uji lab sudah bisa dilakukan di Bali secara mandiri sejak tanggal 26 Maret 2020 kemarin di RS Sanglah,” jelasnya.

Menurutnya, peralatan maupun tenaga medis telah siap melakukan uji lab. Sehingga hasil tes lebih cepat diketahui. “Kalau sebelumnya, uji lab dikirim dan dilakukan di Jakarta kemudian di Surabaya. Namun hasilnya lama karena ngantre, banyak dari daerah lain juga yang melakukan uji lab,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, hasil uji lab menjadi lebih cepat. Karena sudah dilakukan sendiri sehingga tidak perlu lagi mengirim sampel ke Jakarta ataupun ke Surabaya. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button