Tabanan

Lakukan Penyemprotan Masal, TNI-POLRI dan Pemda Tabanan Bersinergi Cegah Covid-19

TABANAN, Kilasbali.com – Menindaklanjuti Program Pemerintah Pusat dan Imbauan Pemerintah Daerah untuk bersama-sama secara masif melakukan pencegahan bahkan untuk dapat memutus mata rantai menyebarnya Covid-19, TNI-POLRI dan Pemda Tabanan bersinergi melakukan penyemprotan disinfektan masal serentak di seluruh wilayah Tabanan, Selasa (31/03/2020).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WITA, Unit Pencegahan Covid-19 Kab. Tabanan, terdiri dari gabungan instansi terkait, melaksanakan penyemprotan disinfektan dengan menyasar tempat-tempat interaksi kegiatan masyarakat seperti pasar, tempat parkir umum, pusat perbelanjaan dan di semua tempat keramian kegiatan masyarakat lainnya.

Kegiatan diawali melaksanakan Apel bersama di depan Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan, selaku Pimpinan Apel Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy PS Siregar bersama Komandan Kodim 1619 Letkol Inf. Toni Sri Hartanto dan Bupati Tabanan yang diwakili oleh Sekda Tabanan Dr. I Gede Susila.

Di mana dalam penyemprotan tersebut, Polres Tabanan menurunkan Satgas Amanusa Agung II bersama Unit Sabhara Dalmas lengkap dengan Unit Water Canon yang telah dimodifikasi, anggota TNI Kodim 1619 Tabanan, Satgas Gabungan pencegahan Covid-19 Pemda Tabanan diantaranya Staf Dishub, Staf Sat Pol PP, anggota Damkar lengkap dengan Unit Damkar, Staf BPBD Kab. Tabanan.

Kapolres Tabanan menyampaikan, Polri khususnya Polres Tabanan bersama dengan Unsur Instansi terkait juga melibatkan masyarakat akan melakukan segala upaya untuk mendukung Pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19. “Hari ini kita laksanakan Disfektanisasi bersama, kegiatan ini adalah Program Pemerintah Pusat untuk bersama secara serentak di seluruh Indonesia melakukan pencegahan,” tegasnya.

Penyemprotan, jelas dia, difokuskan di semua tempat interaksi masyarakat seperti pasar, lokasi parkir, pusat perbelanjaan dan tempat keramian lainnya, dengan harapan dapat memutus menyebarnya Covid 19. Karena disfektanisasi akan melewati pasar, pihaknya meminta agar memberikan pemahaman dan imbauan kepada masyarakat untuk sementara menutup dagangannya.

Baca Juga:  Bagan Utama Patung Wisnu Murti Dipasang

“Dalam kegiatan jangan sampai kontraduktif, akibat kurangnya penjelasan dan pemahaman, semua yang terlibat adalah relawan kesehatan untuk itu agar menjaga kesehatan dengan cara memproteksi diri, jaga kesehatan, jaga kesehatan,” jelasnya.

Bupati Tabanan yang diwakili Sekda Tabanan I Gede Susila mengucapkan terima kasih kepada Kapolres, Komandan Kodim serta seluruh lapisan masyarakat Tabanan, karena sampai saat sudah melaksanakan imbauan pemerintah, bahkan kegiatan pencegahan sudah sampai ke tingkat Banjar adat seluruh Kab. Tabanan.
“Seperti arahan Kapolres jaga kesehatan, jaga kesehatan, ikuti imbauan pemerintah untuk sementara agar semua menahan diri tinggal dirumah kecuali ada hal yang mendesak, Pemerintah sudah memikirkan tentang kebutuhan bahan Pokok, juga telah menyiapkan Rumah Sakit di Nyitdah sebagai tempat rujukan, hari ini kita kembali bersama-sama laksanakan penyemprotan / pencegahan ditempat yang belum tersentuh, tegas Sekda Tabanan,” ujarnya.

Sedangkan Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto menyampaikan agar semua lapisan masyarakat mendukung program pemerintah dalam mencegah pandemi virus ini. “Mari bersama laksanakan dan dukung semua program pencegahan dari Pemerintah, kita semua disini adalah pelopor Kesehatan, Kodim 1619 Tabanan siap mendukung untuk dapat mencegah dan memutus wabah Covid 19,” tegasnya.

Baca Juga:  “Megibung”, Sanjaya Santap Nila Nyatnyat

Sementara itu, Kabag Ops Kompol I Gede Putu Astawa, S.H., membagi tugas dilanjutkan penyemprotan bersama. Dimana untuk Unit Damkar Pemda Tabanan melakukan penyemprotan mulai dari seputaran TMP, simpang Wagimin bergerak kebarat jalan Pahlawan, Dalam Kota tabanan, Pasar Dauh pala, Terminal Pesiapan, simpang Adipura, terus ke barat menuju Wil. Kec Kerambitan, Kec. Seltim sampai ke wilayah Kec. Selemadeg melaksanakan pencehahan di Pasar Bajra Selemadeg.

Baca Juga:  Tepati Janji, Bupati Sanjaya Singgasanakan Patung Wisnu Murti di Catus Pata Kediri

Unit Sabhara Dalmas Polres Tabanan dengan Armada Water Canon yang telah dimodifikasi, penyemprotan mulai dari Pasar Kediri bergerak keselatan arah DTW bisa Tanah Lot melewati Pasar adat Pandak Gede, Pasar Adat Desa Beraban, sampai di Tanah Lot penyemprotan di area parkir, komplek pertokoan/Kios oleh-oleh Tanah Lot, selanjutnya melakukan penyemprotan disepanjang jalur melewati Pasar Desa Adat Kerambitan, Kec. Kerambitan, sampai Obywk Wisata Pantai Kelating.

Penyemprotan manual dgn Dispreyer oleh Unit pencegahan gabungan (TNI Kodim 1619 Satgas Amanusa II Polres Tababan dan dari unsur Pemda) penyemprotan terbagi dan tersebar di beberapa titik dan di pusat keramaian di jalan Gajah mada / dalam Kota Tabanan, menyasar lokasi parkir Tabanan, Pasar tradisional Tabanan, seputaran Gedung Mario, di Desa Dajan Peken diseputaran Polres Tananan, seputaran Kodim, Lapangan Alit Saputra Dangin carik dan komplek perkantoran lainnya.

Sedangkan penyemprotan serentak di wilayah Kecamatan yang lain, dilaksanakan oleh gabungan Staf Kecamatan bersama Anggota Polsek, Anggota Koramil setempat melibatkan masyarakat dari masing-masing Desa yg dikoordinir oleh Camat, Kapolsek dan Danramil setempat. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button