BirokrasiSosialTabanan

Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Adat Kuwum Gotongroyong Lakukan Penyemprotan Disinfektan Massal

    TABANAN, Kilasbali.com – Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, berbagai upaya dilakukan salah satunya penyemprotan wilayah menggunakan disinfektan. Hal tersebut dilakukan oleh Desa Adat Kuwum, Kecamatan Marga, Tabanan, berkerjasama dengan Satgas Pramuka Kwarda Bali, BPBD Provinsi dan Kabupaten Tabanan, serta dari BPOM, Sabtu (23/5/2020).

    Pada kesempatan tersebut Bendesa Adat Kuwum, I Made Ardika menyampaikan, kegiatan yang dilakukan secara gotongroyong ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran dari Virus Covid-19. Dimana kegiatan tersebut juga berkolaborasi dengan beberapa Desa yang ada di Kecamatan Marga. “Saya harapkan dengan penyemprotan ini mudah-mudahan mendapatkan manfaat, dengan tekad bersama supaya Desa Adat Kuwum terbebas dari Covid-19,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Kunjungan Wisata ke Tanah Lot Kembali Normal Usai Momen Ramadan 2024

    Hal yang sama juga diungkapkan Ketua Satgas Gotong Royong Penanganan COVID-19 Desa Adat Kuwum, Kecamatan Marga, Tabanan, I Wayan Wiryana, menurutnya kegiatan tersebut salah satu upaya untuk memutus penyebaran Covid-19, pihaknya selalu berkomunikasi dan bersinergi dengan beberapa pihak, salah satunya yang dilakukan kali ini bekerjasama dengan Satgas Kwarda Pramuka Provinsi Bali, BPBD Bali dan Kabupaten untuk melakukan penyemprotan disenfektan massal yang dilakukan di empat Desa Dinas di Kecamatan Marga. “Tujuan kita bersinergi untuk saling menguatkan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Marga, kita berkolaborasi bersama untuk memutus rantai Covid-19 ini,” jelasnya.

    Wiryana menambahkan, dalam penanggulan Covid-19 ada beberapa kendala yang dihadapi salah satunya kedisiplinan dari masyarakat, namun karena edukasi yang terus dilakukan masyarakat akhirnya sadar dampak dari Virus Covid-19 ini. “Kendala yang dialami selama ini memang adanya kurang disiplinanya dari masyarakat, namun berkat edukasi yang terus kita lakukan, masyarakat mulai paham dan mau mengikuti dari protokol penanggulangan Covid-19,” tambahnya.

    Baca Juga:  PDIP Tabanan Sepakat Usulkan Koster-Ace atau Koster-Giri

    Tekait kesedian logistik dan APD untuk Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa Adat Kuwum untuk saat ini menurut Wiryana, masih tersedia dan cukup. Menurutnya logistik untuk penanggulangan Covid-19 dianggarkan dari dana Desa Adat sendiri yang dialokasikan beberapa persen untuk kegiatan Covid-19. “Untuk kesedian logistik dan APD berupa masker untuk Satgas kita tersedia cukup. Selain dianggarkan dari dana Desa Adat, juga ada sumbangan dari beberapa donatur, dan hal tersebut sangat membantu kita dalam memutus penyebaran Covid-19 di Desa Adat Kuwum,” pungkasnya.

    Baca Juga:  Longsor Timpa Rumah Warga Desa Antapan di Baturiti Tabanan

    Selain penyemprotan massal, pada kesempatan tersebut juga diserahkan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, untuk tujuh Desa Adat dari empat Desa Dinas yang ada di Kecamatan Marga.

    Selaian dilakukan di Desa Adat Kuwum, penyemprotan massal juga dilakukan di tujuh desa adat dari empat Desa Dinas, yaitu Desa Kuwum, Desa Marga, Desa Dinas Dajan Puri dan Desa Dinas Marga Dauh Puri. (*KB).

    Back to top button

    Berita ini dilindungi