Denpasar

Serahkan Bantuan BNI, Cok Ace Harap Ada Pinjaman Lunak Bagi Pengusaha Pariwisata

    DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) berkesempatan menyerahkan 4.000 paket sembako yang disumbangkan BNI Pusat kepada pekerja pariwisata dan masyarakat Bali yang terdampak oleh Pandemi Covid-19. Acara penyerahan tersebut berlangsung di Gedung BNI Renon, Denpasar, Sabtu (13/6/2020)

    Dalam kesempatan itu, Cok Ace mengapresiasi acara sosial berupa pembagian 4.000 paket sembako bagi masyarakat Bali. “Apalagi teman-teman yang bekerja di sektor pariwisata hingga saat ini sudah tidak memiliki penghasilan lagi, sementara kebutuhan hidup harus berjalan. Bantuan seperti ini tentu meringankan beban mereka,” jelasnya.

    Cok Ace juga meminta pihak bank untuk memberikan bantuan berupa pinjaman lunak bagi pengusaha pariwisata. Sehingga menurutnya pinjaman tersebut bisa digunakan untuk biaya operasional hingga menggaji karyawan. “Bapak gubernur berkali-kalo mengatakan kepada pengusaha pariwisata jangan sampai merumahkan karyawan tanpa dibayar apalagi PHK. Jika ada soft loan dari pihak Bank tentu ini bisa mengurangi beban pengusaha juga,” imbuhnya.

    Cok Ace Juga mengungkapkan bahwa pemerintah telah menyusun skema, baik skema bantuan untuk masyarakat terdampak dan tenaga kesehatan, serta skema pemulihan pariwisata dan ekonomi di Bali. Akan tetapi, menurutnya juga tanpa bantuan semua pihak, baik masyarakat, BUMN dan pihak-pihak lainnya, tentu skema ini tidak berjalan.

    Baca Juga:  Ini Upaya Pemkot Denpasar Tekan Inflasi di Bulan Ramadan

    “Pada awalnya kami dari industri pariwisata mengira bahwa kurva akan melandai di bulan juni, mengalami penurunan di bulan agustus, sehingga bisa dibuka di bulan oktober. Namun kenyataan pada minggu kedua di bulan Juni malah terjadi lonjakan kasus yang luar biasa. Ini di luar prediksi kita. Untuk itu, bantuan-bantuan yang diberikan olej semua pihak bisa meringankan beban semua pihak,” jelasnya.

    Baca Juga:  Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Wali Kota Denpasar di DTIK Festival 2024!

    Ke depan, ia berharap semakin banyak masyarakat yang masih mempunyai penghasilan dan berkecukupan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial. “Akhir kata saya atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Bali mengucapkan terima kasih kepada BNI atas bantuan selama jni. Semoga pandemi ini segera berlalu dan ekonomi masyarakat kembali pulih,” tandasnya.

    Sementara sebelumnya Direktur Tresuri dan Internasional BNI, Putraman Wahju Setiawan menyatakan bahwa bantuan yang disalurkan oleh BNI ini sesuai dengan arahan Presiden RI melalui Menteri BUMN agar BUMN turut andil dalam menangani Covid-19 ini. “Akhirnya kami memutuskan untuk ikut berpartisipasi dalam menyalurkan bantuan berupa paket sembako,” jelasnya.

    Baca Juga:  Asus Perkenalkan Perangkat Komputasi Terbaru di Bali

    Menurutnya BNI tengah menyalurkan 10.000 paket sembako ke seluruh Indonesia dan Bali disalurkan sebanyak 4.000 paket sembako. Paket ini disalurkan terutama untuk tenaga pariwisata yang terdampak, serta masyarakat Bali yang merasakan dampak juga akbita pandemi Covid-19 ini.

    Senada dengan Putraman Wahju Setyawan, Pemimpin BNI Wilayah Bali Nusra 1, Made Sukajaya juga menyatakan bahwa BNI terutama BNI Bali ikut serta secara aktif menangani akibat dari pandemi Covid-19 ini. Ia menyatakan pihaknya akan terus bersinergi dengan pemerintah untuk terus membantu masyarakat terutama yang terdampak langsung secara sosial dan ekonomi akibat pandemi ini. (rls/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi