DenpasarPolitikTabanan

Dewa Budiasa Siap Dampingi Ngurah Panji

    “Optimalisasi dan Bangkitkan Pertanian di Kabupaten Lumbung Beras Bali”

    DENPASAR, Kilasbali.com – Genderang Pilkada tahun 2020 khususnya di Kabupaten Tabanan mulai ditabuh. Pasca menerima Surat Tugas Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartanto, AA Ngurah Panji Astika pun tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan rekomendasi sebagai calon bupati Tabanan yang diusung Partai Golkar dan koalisi, yakni Partai NasDem dan Demokrat.

    Lalu siapakah pendamping tokoh Puri Anom Tabanan ini? beberapa nama pun mulai santer terdengar. Salah satunya, yakni Ketua DPD NasDem Kota Denpasar Dewa Nyoman Budiasa yang digadang-gadang bakal mendampingi AA Ngurah Panji Astika dalam Pilkada dengan agenda pemilihan bupati dan wakil bupati Tabanan ini.

    Di temui di Denpasar, Dewa Budiasa yang tampak didampingi Wakil Ketua DPD Demokrat Prov. Bali Ida Bagus Komang Astawa Merta dan Relawan Dewa Budi – Eka Budiyasa pun menyatakan kesiapannya mendampingi Ngurah Panji.

    “Sebagai putra daerah, tentu saja saya terpanggil untuk ikut membangun daerah Tabanan yang merupakan asal leluhur saya. Dan jika saya ditunjuk oleh DPP NasDem dan mendapat restu dari partai koalisi, yakni Golkar dan Demokrat, tentu saja saya siap mendampingi AA Ngurah Panji Astika,” ujarnya di Kubu Kopi di Denpasar, Jumat (17/7/2020).

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Laksanakan Bhakti Penganyar di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo dan Pura Mandhara Giri Semeru Agung

    Menurutnya, jika dirinya mendapatkan kepercayaan mendampingi Ngurah Panji, visi dan misi yang akan dijalankannya pun telah dipersiapkan. Diantaranya gerakan perbaikan dan perubahan yang jauh lebih baik dari saat ini. Salah satunya membangkitkan kembali sektor pertanian yang saat ini sudah mulai tergerus.

    “Tabanan dengan julukan Lumbung Beras Bali akan kami bangkitkan kembali dengan langkah optimalisasi sektor pertanian dan memadukannya dengan teknologi. Di mana upaya ini untuk mensejahterakan para petani,” bebernya.

    Dikatakannya, pertanian harus berkesinambungan. Karena, pertanian telah terbukti mampu bertahan disegala kondisi. Salah satunya saat pandemi Covid-19 ini. Masyarakat kini kembali bertani yang merupakan warisan para leluhur. “Kami akan menggerakkan para generasi muda agar mereka mau dan mencintai pertanian. Dengan cara memadukannya dengan teknologi dan menjamin harga pasca panen raya,” tandasnya.

    Sementara itu, Ida Bagus Komang Astawa Merta menambahkan, dirinya tertarik dengan dua figur ini, yakni Ngurah Panji dan Dewa Budiasa. Menurutnya, mereka adalah putra terbaik Tabanan yang akan membawa perubahan ke arah lebih baik. “Selama dua dekade terakhir ini, masih banyak potensi yang perlu dikembangkan. Salah satunya potensi pertanian yang selama ini tidak digarap dengan maksimal,” pungkasnya.

     

    Baca Juga:  Seminggu Operasi Patuh Agung 2024, 90 Pelanggaran Terekam di Tabanan
    Tokoh Puri Anom Tabanan yang juga Bakal Calon Bupati (Bacabup) Tabanan, AA Ngurah Panji Astika

    Seperti diberitakan sebelumnya, Tokoh Puri Anom Tabanan yang mengajukan diri menjadi Bakal Calon Bupati (Bacabup) Tabanan, AA Ngurah Panji Astika menilai bahwa pembangunan sektor pariwisata masih terbuka lebar di Bumi Lumbung Beras ini. “Di bidang pariwisata, masih banyak yang bisa digali seperti wisata kota dan wisata desa. Sektor kerajinan juga potensinya sangat besar,” kata Ngurah Panji.

    Dikatakannya, pembangunan di Tabanan saat ini sudah meningkat. Kendatipun demikian, perlu dipacu lagi agar bisa menyamai bahkan melebihi daerah lainnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar lebih baik lagi.

    Khusus di sektor pertanian, yang erat kaitannya dengan ketersediaan lapangan kerja, budaya serta pelestarian alam. Sektor ini enggan dilakoni generasi muda yang terjun ke pertanian.

    Baca Juga:  Anggota DPRD Tabanan yang Tak Lolos Dapat Dana Purna Tugas, Segini Besarnya!

    Salah satunya penyebabnya adalah ketidakstabilan harga, yang terkadang bagus namun saat panen raya harganya rendah bahkan anjlok drastis sehingga menimbulkan kerugian. Untuk mengatasi ini, kata dia, pemerintah harus hadir dan memberikan solusi yang tepat.

    “Saya yakin kalau pertanian ini bisa ditumbuhkan, selain akan membuka lapangan kerja juga menekan alih fungsi lahan. Kita harus fokus di sini sebab sebagian besar masyarakat menggeluti sektor pertanian dan menjaga pertanian penting bagi pelestarian lingkungan,” tegasnya.

    Begitu juga pembangunan Tabanan, lanjut Ngurah Panji, kualitas SDM harus mendapat perhatian serius. Apalagi di tengah pesatnya perkembangan teknologi (Industri 4.0). “Meningkatkan kualitas SDM akan membuka peluang lebih besar dalam memanfaatkan potensi dan peluang yang ada untuk menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

    Ngurah Panji menegaskan kesiapannya maju sebagai Bakal Calon Bupati Tabanan dengan konsep ngayah ini juga mengungkapkan bahwa dengan berjuang masuk dan mengabdikan diri di pemerintahan melalui jalur politik, maka akan mempercepat harapannya untuk ikut membangun Tabanan. (jus/kb)

    Back to top button