DenpasarPendidikan

Putri Koster; Kebijakan Belajar dari Rumah Sangat Tepat

    DENPASAR, Kilasbali.com – Sejak pandemi virus corona atau covid-19 melanda dunia, berbagai kebijakan diambil sebagai upaya untuk memutus penyebaran virus ini. Diantaranya mengambil kebijakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi siswa di semua jenjang untuk belajar dari rumah melalui sistem daring atau online.

    Hal ini disampaikan Ny Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali dalam dialog Perempuan Bali Bicara, di Denpasar, Jumat (17/7/2020).

    “Kebijakan belajar dari rumah itu sangat tepat, terlebih di tengah situasi pandemi corona. Meskipun aktivitas belajar dilakukan dari rumah, namun para siswa tetap bersemangat mengikuti pembelajaran. Selain itu peran orang tua sangat penting, sekaligus bisa mendampingi serta mengawasi anaknya untuk menyelesaikan beberapa tugas yang diberikan oleh gurunya,” ujarnya.

    Kendatipun demikian, lanjut dia, belajar dari rumah, pasti ada positif maupun negatifnya. Namun yang terpenting, kata dia, orangtua harus hadir dalam pendampingan belajar anaknya, sekaligus orang tua bisa mengawasi penggunaan gawai.

    Baca Juga:  PLN Bali Siap Sambut Arus Balik, Siaga dan Waspada di SPKLU

    “Saat ini, belajar dari rumah pastinya banyak segi positifnya, terlebih lagi bisa mengakrabkan ikatan antara orang tua dan anak. Selain bisa mengerjakan tugas materi dari sekolah orang tua juga bisa mengajarkan pekerjaan rumah kepada anaknya seperti memasak hingga membersihkan rumah. Semua itu juga sebagai pembelajaran anak dan orang tua juga bisa membatasi penggunaan gawai,” lanjutnya.

    Baca Juga:  Populasi Anjing di Prediksi 82.195 Ekor, Pemkot Denpasar Door to Door Vaksinasi Rabies

    Dari pengamantannya, saat belajar dari rumah semua siswa tetap semangat dan rajin belajar, bahkan, semua kegiatan belajar juga terpantau guru baik itu melalui grup WhatsApp. Tidak hanya itu, semua tugas juga dikirim lewat WhatsApp dan absen pun juga dikirim melalui grup WA.

    “Agar semua bisa berjalan dengan efektif, maka dibutuhkan tips atau cara mendampingi anak belajar di rumah yang baik selama masa darurat Virus Corona ini orang tua bisa menciptakan suasana rumah yang aman dan nyaman,” ujarnya.

    Baca Juga:  Ini Dia Jegeg Bagus Gianyar 2024 

    “Suasana aman dan nyaman sebisa mungkin, pada masa pandemi virus korona ini orangtua bisa menciptakan suasana rumah yang aman dan nyaman. Ini adalah kunci utama efektifnya proses belajar, sehingga hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi rumah senyaman mungkin bagi anak untuk belajar,” pungkas Putri Koster. (jus/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi