DenpasarPendidikan

Fasilitasi Belajar Online, Banjar Petangan Sediakan Wifi Gratis

    DENPASAR, Kilasbali.com – Banjar Petangan Gede Desa Ubung Kaja menyediakan wifi gratis untuk anak anak agar bisa mengikuti pembelajaran sekolah secara online atau dalam jaringan.

    Kelian Adat Banjar Petangan Gede Desa Ubung Kaja I Ketut Sumandi mengatakan, fasilitas ini merupakan swadaya dari Banjar.

    “Selama pandemi, Satgas Covid-19 terdiri dari pecalang mendapatkan dana dari desa dan berbagai donasi dari masyarakat. Lalu disimpan sama pecalang untuk keperluan yang bermanfaat,” tuturnya, Rabu (22/7/2020).

    Ditambahkannya, karena banyak masyarakat yang terganggu jaringan internet dan tidak bisa membeli kuota, dana tersebut dimanfaatkan membeli peralatan wifi dan kuotanya, sehingga semua anak bisa memanfaatkannya.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Lokasi Larangan Menaikkan Layangan di Bali

    Dalam penerapan belajar online ini, pihaknya tetap mengutamakan protokol kesehatan yakni menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, mengatur jarak dan jumlahnya dibatasi yakni maksimal 20 orang.

    “Agar tidak terkendala dalam belajar, anak anak ini masih diawasi oleh orang tuanya dan prajuru banjar,” ungkapnya.

    Pihaknya juga berencana akan mencari relawan untuk menjadi guru pendamping dan seorang tenaga IT. Sehingga ketika ada gangguan jaringan mereka bisa terbantu.

    Baca Juga:  17 Tahun IPeKB, Bertumbuh untuk Melakukan Pengabdian

    Dengan wifi gratis ini, pihaknya berharap dapat mengurangi beban masyarakat. Selain itu pihaknya juga ingin mengembalikan fungsi banjar yakni sebagai bangunan sosial, bahwa itu adalah milik mereka.

    “Tidak hanya itu dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk saling berbagi dalam meningkatkan pendidikan anak, sesuai motto kita yakni menciptakan generasi yang cerdas dan sehat,” jelasnya

    Kegiatan inipun mendapat apresiasi dari Perbekel Desa Ubung I Wayan Astika. Menurutnya inisiatif ini sangat bagus karena dapat menggugah semangat anak anak untuk belajar meskipun lewat online.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Larangan Naikkan Layangan Radius 9 dari Bandara Ngurah Rai Bali

    Tidak hanya itu, menurutnya dengan adanya fasilitas seperti ini anak anak mendapat suasana baru dalam belajar. “Sehingga mereka lebih semangat belajar PJJ atau online,” tegasnya. (sgt/kb)

    Back to top button