GianyarSeni Budaya

Idul Adha, PHBI Gianyar Bagi Daging Bertahap

    GIANYAR, Kilasabali.com – Tradsi perayaan hari keagamaan pun harus menyesuaikan lantaran Pandemi Covid-19. Tak terkecuali perayaan Idul Adha 2020 di Kabupaten Gianyar, di tengah pandemi pembagian daging kurban pun kini dilakukan secara bertahap selama dua hari.

    Hal itu disampaikan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Gianyar, Muhamad Suyana, Selasa (28/7/2020).

    Menurutnya, dalam perayaaan Idul Adha tahun 2020 Jumat (31/7/2020) mendatang, sebanyak 32 hewan kurban akan dipotong. Proses pemotongan pun dibagi menjadi dua tahap yakni tahap pertama pada Jumat (31/7/2020) malam serta hari Sabtu (1/8/2020).

    “Hal ini dilakukan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

    Baca Juga:  Petani Bali Diajak Bercocok Tanam Mandiri Gunakan Eco Enzyme

    Dikatakannya, sampai Selasa ini, sebanyak 32 hewan kurban yang siap dipotong pada Idul Adha 2020 ini.

    Sementara yang terdata di Masjid Al’ala sebanyak 9 hewan kurban, di Sema Baung sebanyak 17, Blega sebanyak 4, di Samplangan sebanyak 2, serta Pas Dalem, Gianyar sebanyak 2 ekor.

    “Nanti pemotongannya pun dilakukan di masing-masing masjid, namun untuk yang di wilayah Kota Gianyar akan di pusatkan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Abianbase. Nanti itu akan dibagi menjadi dua tahap, tahap yang pertama pada Jumat (31/7/2020) malam serta tahap kedua pada Sabtu (1/8/2020),” jelasnya.

    Baca Juga:  Nasib Petani Memang Selalu di Bawah!

    Kata dia, pemotongan hewan kurban pada Jumat malam dan dagingnya akan dibagikan pada Sabtu pagi. Semantara daging kurban ini akan dibagikan kepada total 2000 kaum duafa muslim dan non muslim di Kabupaten Gianyar.

    “Daging kurban ini akan dibagikan di masing-masing masjid, nanti akan digunakan sistem barcode biar lebih cepat,” katanya seraya menambahkan, pada saat pembagian daging kurban akan dibatasi masing-masing sebanyak 100 jamaah pada setiap jamnya. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi