CeremonialDenpasar

Sekda Rai Iswara Didaulat Jadi Penasehat HISKI Bali

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pengurus Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Bali masa bakti 2020—2024 dilantik secara virtual Jumat (7/8/2020).

    Sekretaris Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara dalam kepengurusan HISKI Bali ini didaulat sebagai penasihat.

    Pengurus baru yang dipimpin Dr. IGAA Mas Triadnyani, M.Hum., itu dilantik Koordinator Bidang Pengembangan Hiski Pusat, Dr. I Ketut Sudewa mewakili Ketua Umum Hiski Pusat, Prof. Dr. Suwardi Endraswara.

    Sekretaris Kota Denpasar, A.A Ngurah Rai Iswara memberi semangat kepada pengurus dan anggota Hiski untuk tidak pernah menyerah, meskipun dalam kondisi serba terbatas.

    Baca Juga:  Sekda Bali Tekankan Satpol Pendekatan Humanis dalam Menegakkan Peraturan

    Sebagai organisasi sarjana kesusastraan, Hiski bisa menggulirkan kesadaran masyarakat kepada teks-teks sastra dan kebudayaan Bali secara umum.

    “Ida Pedanda Made Sidemen dan I Gusti Ngurah Made Made Agung atau yang dikenal Ida Cokorda Mantuk Ring Rana, dua pengarang besar Bali abad ke-20, sudah mengingatkan melalui karya-karya sastra beliau yang luar biasa,” kata Rai Iswara.

    Diharapkan para pengurus Hiski bisa terus berkarya demi kemajuan Hiski dan dunia sastra secara umum. “Seperti semboyan Hiski, yakni Hiski jaya berkaya,” tandasnya.

    Baca Juga:  Desa Megati Bersiap Diri Menjadi Kampung Alpukat

    Sementara Ketua Umum Hiski Komisariat Bali, Dr. IGAA Mas Triadnyani menegaskan Hiski bukanlah organisasi yang hanya diperuntukkan bagi sarjana sastra Indonesia, tapi menampung sarjana berbagai bidang, tidak hanya sastra Indonesia.

    Ada sarjana sastra daerah, sastra asing, begitu juga sarjana bidang-bidang keilmuan lain yang memiliki minat kepada sastra, seperti bahasa dan budaya.

    “Hiski Bali menaruh perhatian besar pada peningkatan literasi di berbagai lapisan masyarakat. Hal ini tentu saja sejalan dengan upaya pemerintah yang sedang gencar-gencarnya mendorong gerakan literasi, baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Semua mesti bersinergi dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa,” tandas Mas Triadnyani.

    Baca Juga:  Suara Festival Hadirkan Surga Tersembunyi di Nuanu City

    Saat ini, Hiski Bali memiliki anggota aktif sekitar 37 orang. Ke depan pihaknya akan memperluas jaringan sehingga makin banyak sarjana kesusastraan yang bergabung dengan Hiski Bali. (sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi