CeremonialGianyar

KPG Kibarkan Merah Putih di Perkebunan Ekowisata

    GIANYAR, Kilasbali.com – Pendemi Covid-19 tidak mengurangi semangat elemen bangsa untuk merayakan HUT RI ke-75 tahun 2020 ini. Demikian halnya Komunitas Pariwisata Gianyar (KPG) yang terdiri dari guide, chef, waiter, PMI dan lainnya, Senin (17/8/2020) menggelar Apel HUT RI di areal Perkebunan Ekowisata di Mancawarna, Tampaksiring. Dengan semangat HUT RI ini, mereka bertekad untuk komitmen mempromosikan protokol kesehatan, Clean, Health, Safety, Environment (CHSE) di kepariwisataan era baru ini.

    Tanpa mengurangi pemaknaan, Pelaksanan Apel Hut RI di Areal perkebunan “Pada Wareg Ekowisata”, berjalan khusyuk dan khidmat. Diikuti oleh Ratusan anggota KPG, dihadiri oleh unsur pimpinan Kecamatan Tampaksiring, para perbekel, kelian, bendesa dan lainnya. lanjut itu dirangkai dengan pembukaan Festival Guide Gianyar 2020 yang dengan berbagai kegiatannya.

    Baca Juga:  Menghilang Empat Hari, Pria Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Saluran Irigasi

    “Dalam festival ini, kami menyelenggarakan guide kontes, lomba mesatua Bali, gerakan Gianyar Bersih dan lainnya,” ungkap Ketua KPG, Jro Mangku Kandia.

    Diungkapnya, ide penyelenggaraan Guide Festival Gianyar ini, berawal dari kegundahan mereka sebagai pelaku wisata. Kemudian para guide dan pekerja wisata lainnya lantas menemui Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta di kediamannya di Mancawarna, Tampaksiring.

    Tujuan awalnya ingin mendapat bantuan sosial sebagai dampak pandemi Covid-19 ini. namun tanpa dinyana, Ketua DPRD Gianyar sedang menggarap lahan untuk areal perkebunan ekowisata.

    “Kemudian timbullah ide teman-teman untuk membentuk KPG dan disepakati lahir di tempat ini. Syukurnya, Bapak Wayan Tagel Winarta sangat membuka pintu untuk memfasilitasi hingga Festival Guide Gianyar ini bisa terselenggara. Hingga saat ini KPG sudah beranggotakan 250 orang,” bangga Kandia yang mantan Ketua DPP HPI pusat ini.

    Pemilik,Pada Wareg Ekowisata, I Wayan Tagel Winarta, pun menyatakan apresiasinya atas kegiatan yang diselenggarakan oleh KPG ini. Tagel yang juga Ketua DPRD Gianyar ini menyebutkan, KPG ini adalah aset Gianyar dalam memajukan kepariwisataan. Karena itu, pihaknya sangat mendukung festival ini, terlebih sangat mendukung program pemerintah.

    Baca Juga:  Potong Ekor Babi Menyakiti Ternak tanpa Manfaat

    “Di tengah jeda aktivitas lantaran pandemi Covid-19 ini, Festival ini dinilai sangat mendukung para pelaku pariwisata ini untuk mengasah keterampilan. Melalui Guide Kontes salah satunya, kegiatan ini sangat bagus untuk mengasah keterampilan par Guide ini menuju ke pariwisata New Normal,” bangganya.

    Karena itu pula dengan fasilitas yang ada, Tagel menyampaikan kesiapan setiap saat untuk memberikan ruang dan tempat untuk kegiatan Festival ini, bahkan, diharapkan menjadi festival tahunan dengan segala inovasi kedepannya. Tidak muluk-muluk, potensi wisatawan domestik di tengah kejenuhan juga diyakini memerlukan refreshing.

    “Golden moment atau peluang emas ini tentunya harus dimanfaatkan betul-betul oleh KPG. Saya yakin akan ada lonjakan di sektor pariwisata ini. Jadi, KPG juga harus aktif berpromosi dengan menggunakan kekuatan media sosial. “Media sosial adalah sarana gratis, mudah dan paling efektif di situasi saat ini serta bisa dilakukan dimana saja,” yakinnya mengakhiri. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi