DenpasarTokoh

Donor Plasma Konvalesen, Jadi Alternatif Sebelum Ditemukan Vaksin Covid-19

    DENPASAR, Kilasbali.com – Donor plasma konvalesen saat ini bisa menjadi alternatif penanganan pasien covid-19, sambil menanti ditemukannya vaksin.

    Demikian diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, Selasa (15/9/2020) di Denpasar.

    “Selama vaksin belum ditemukan, sampai saat ini dan kita dengar juga masih dalam tahap uji coba, dan mudah-mudahan bisa segera terealisasi. Kita melaksanakan salah satu upaya alternatif dengan memberikan terapi donor darah, donor plasma konvalesen,” ungkap Pangdam.

    Beberapa saat yang lalu, menurut Pangdam, Kodam IX/Udayana sudah menginisiasi untuk melaksanakan donor darah ini. Dan telah diperoleh dari prajurit Kodam IX/Udayana.

    Baca Juga:  Populasi Anjing di Prediksi 82.195 Ekor, Pemkot Denpasar Door to Door Vaksinasi Rabies

    “Ada 28 yang memberikan donor plasma.
    Saya mendengar informasi dari Kepala Dinas Kesehatan bahwa terdapat 200 orang masyarakat yang ketika terpapar covid dan sudah sembuh bersedia untuk mendonorkan plasmanya,” imbuh Pangdam.

    Menurut Pangdam hal ini menjadi satu potensi yang bagus bagi Bali, untuk bisa mengambil plasma dari masyarakat yang memang bersedia.

    “Saya kira peran dari Kodam akan membantu pemerintah daerah dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan, untuk bisa memberikan imbauan dan motivasi kepada 200 masyarakat tersebut, supaya sukarela mau mendonorkan plasmanya,” harap Pangdam.

    Baca Juga:  PLN Bali Siap Sambut Arus Balik, Siaga dan Waspada di SPKLU

    Dan selanjutnya terkait teknis pengambilan darah dan seterusnya, menurutnya itu adalah porsi dari Kepala Dinas Kesehatan.

    “Dan ini sudah berjalan. Para babinsa kita sudah mendatangi masyarakat yang semula sudah memberikan dan sudah mau bersedia mendonorkan darahnya,” pungkasnya.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi