TabananTokoh

TEGAS! Dandim Tabanan Ingatkan Pendisiplinan Warga dan Netralitas TNI

    TABANAN, Kilasbali.com – Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto menekankan dan mengingatkan kembali dua hal terkait kondisi saat ini. Pertama terkait penanganan pandemi Covid-19 dimana pendisiplinan warga dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar dan bertanggung jawab masih harus terus dilakukan bersama instansi terkait dengan mengajak seluruh warga masyarakat untuk mematuhinya. Kemudian yang kedua terkait Pilkada di Kabupaten Tabanan yang proses pelaksanaannya lagi berlangsung.

    Hal tersebut disampaikan Dandim 1619/Tabanan pada saat memberikan arahan kepada anggota pada kegiatan “Menghimpun, Menyusun dan Inventarisasi Data Wanwil yang meliputi RT/RW, SDAB, SDM dan Kondisi Sosial”.

    Kegiatan yang dikoordinir oleh Staf Teritorial Kodim 1619/Tabanan tersebut mengambil tema “Optimalkan Kualitas Data Wanwil Yang Valid Dan Lengkap Serta Akurat Sebagai Pendukung Terwujudnya Wilayah Pertahanan Negara Yang Tangguh Dalam Rangka Memelihara Data Perlawanan Wilayah atau Wanwil”, bertempat di Makodim 1619/Tabanan Jalan Katamso No 2 Tabanan, Senin (28/09/2020)

    Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto menyampaikan, di masa Pandemi Covid-19 ini selain kegiatan dalam rangka pendisiplinan masyarakat yang dilaksanakan secara rutin dan semakin masif kita juga dihadapkan dengan melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak 2020. Walau demikian kita juga harus tetap melaksanakan program-program dari komando atas untuk mendukung dan memelihara kemampuan satuan teritorial di wilayah.

    Baca Juga:  ASN Se-Bali Diminta Jaga Netralitas Pemilu

    “Salah satunya adalah kegiatan ini, agar diikuti dengan baik dan supaya diimplementasikan dalam tugas kita sebagai aparat kewilayahan,” tegas Dandim.

    Terkait kondisi pandemi yang masih berlangsung, Dandim menyoroti bahwa kegiatan pendisiplinan masyarakat yang sekarang dilaksanakan bersama aparat kepolisian dan instansi terkait agar dilaksanakan dengan baik untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Tabanan.

    “Kepada rekan rekan yang bertugas di lapangan agar laksanakan 3 M yang merupakan tiga hal pokok yang harus dilaksanakan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Tak kalah penting juga agar anggota tetap menjaga imun tubuh dengan cara berolah raga dan pola hidup sehat makan yang teratur,” jelas Dandim.

    Baca Juga:  Muncul Pasangan Urip-Purnawan, Begini Tanggapan Sanjaya

    Lanjut dia, payung hukum sudah jelas yaitu Inpres no 6 tahun 2020, Pergub Bali no 46 tahun 2020 dan Perbup Tabanan no 44 tahun 2020, jadi kita laksankaan tugas tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab dengan mengedepankan cara humanis dan tetap berkoordinasi dengan aparat terkait sehingga Penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Tabanan dapat diminimalisir.

    Baca Juga:  Aspirasi Banteng Tabanan Soal Bacagub, Antara Koster-Giri dan Koster-Ace

    “Jangan hanya kita mengimbau saja namun juga harus menerapkan dan memberikan suri tauladan dengan memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan pada diri kita serta keluarga untuk mencegah terpaparnya Covid-19,” tandasnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga memberi arahan untuk anggota Babinsa agar dikomunikasikan lagi dengan Satgas Gotong Royong di desa untuk memajukan dan mengaktifkan kembali tugas Satgas dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

    Sedangkan menyinggung terkait Pilkada Dandim Tabanan menekankan kepada seluruh anggota agar tetap menjaga netralitas TNI.

    “Kita harus bersifat netral, buku netralitas TNI agar dibaca kembali, laksanakan pengamanan Pilkada dengan baik serta berkoordinasi dengan aparat terkait untuk melaksanakan patroli karena sekarang kampanye lebih banyak melalui daring/online/vicon dan agar laksanakan tugas dan tanggung jawab ini dengan baik,” pungkas. (jus/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi