GianyarSosial

Sakit di Tengah Pandemi, Warga Gianyar Syukuri Yankes Gratis

GIANYAR, Kilasbali.com – Di tengah pandemi Covid-19 ini, jangankan untuk biaya pengobatan untuk memenuhi kebutuhan hidup pun warga sangat ksulitan. Syukurnya, Gianyar memiliki Program Pelayanan Kesehatan (Yankes) gratis bagi seluruh masyarakat tanpa kecuali.

Perbedaan kelas dalam pelayanan pun kini tidak dijadikan perbandingan, dan pasien di kelas III di RSUD Sanjiwani Gianyar pun kini mendominasi karena masyarakt cenderung memilih Yankes gratis ini.

Ketua Forum Peduli Blahbatuh, I Made Sudiangga yang juga sebelumnya kritis terhadap kebijakan Pemebrintah, kinipun luluh. Dengan bangga, dirinya menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan yang digagas oleh Bupati Gianyar, Made Mahayastra ini.

Baca Juga:  Ketua PKP Gianyar ‘Dibidik’ Partai Lain

Kata dia, program Yankes ini manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama saat kondisi perekonomian terpuruk seperti saat ini. Terlebih lagi bukan hanya gratis, tetapi juga cara memanfaatkannya tidak ribet. “Program ini harus didukung oleh semua pihak, karena dampaknya sangat terasa,” tandasnya.

Dirinya pun merasakan langsung manfaatkan Yankes ini saat kerabatnya dirawat di RSUD Sanjiwani. Sebab sejak memasuki masa pandemi, kerabatnya ini memang menjadi peserta jaminan kesehatan secara mandiri. Namun tidak bisa melanjutkan akibat tidak memiliki uang untuk membayar iuran.

Ketika kerabatnya kini sakit, pihaknya sempat kebingungan memikirkan biaya. Beruntung Pemkab Gianyar memiliki program menggratiskan biaya berobat untuk warganya di RS milik pemerintah ini.

Baca Juga:  Poltrada Bali Pamerkan Motor Konversi Listrik

“Tanpa program ini. Entah bagaimana nasib kerabat kami ini. Semoga program ini berkelanjutan, karena sangat dirasakan masyarakat seperti kami. meski beberapa pelayanan tetap kami beri cacatan untuk diperbaiki,” harap Sudiangga.

Sementara itu, berdasarkan data RSUD Sanjiwani Gianyar, per Kamis (22/10/2020), kamar kelas III sebanyak 32 tempat tidur saat ini telah penuh. Terisi oleh 19 orang memanfaatkan BK Gianyar, dan sisanya memanfaatkan BPJS KIS.

Kabid Humas RSUD Sanjiwani Gianyar, Anak Agung Gede Putra Parwata membenarkan hal tersebut. Kata dia, saat ini BK telah dikenal secara luas oleh masyarakat Gianyar, setiap warga Gianyar yang datang, terutama yang tidak memiliki jaminan kesehatan, mereka memilih untuk memanfaatkan BK tersebut. “Semua tempat di kelas III, terisi penuh. Sebagian besar memanfaatkan Yankes ini,” ujarnya.

Baca Juga:  “Megibung”, Sanjaya Santap Nila Nyatnyat

Bupati Gianyar, Made Mahayastra sebelumnya mengungkapkan, dalam APBD Gianyar 2021 yang telah ditetapkan balum lama ini, program BK merupakan salah satu program prioritas Pemkab Gianyar bersama DPRD Gianyar.

Karena itu, meskipun APBD Gianyar mengalami penurunan, anggaran BK mengalami peningkatan dari Rp 32 miliar menjadi Rp 35 miliar. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button