DenpasarNews Update

Antisipasi Banjir, Masyarakat Diimbau Tidak Buang Sampah ke Sungai

    DENPASAR, Kilasbali.com – Memasuki akhir tahun yang identik dengan musim penghujan. Berbagai upaya dilakukan Pemkot Denpasar sebagai langkah antisipasi dalam mencegah meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sedimentasi, sampah atau benda lainya di sungai.

    Kepala Dinas PUPR Kota Denpasar, I Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta mengatakan sebagai upaya pencegahan, Pemkot Denpasar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus menggencarkan pembersihan sungai, jaring sampah dan saluran air.

    “Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya. Hal ini dilaksnakan secara rutin, sehingga saat debit air meningkat, tidak meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu,” ujarnya Sabtu (31/10/2020).

    Jimmy Sidarta menambahkan, dari hasil kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap hari ini ditemukan permasalahan klasik, diantaranya sampah yang memenuhi sungai dan salter penjaring sampah. Kondisi inilah yang biasanya menimbulkan banjir atau luapan air saat musim menghujan akibat tersumbatnya saluran air.

    Baca Juga:  Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Wali Kota Denpasar di DTIK Festival 2024!

    “Hingga saat ini sampah masih menjadi kendala, sehingga diperlukan kesadaran bersama untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih ke sungai yang menjadi saluran air,” jelasnya

    Menurutnya, secara umum kondisi sungai dan saluran air di Kota Denpasar sudah baik. Namun demikian tingginya intensitas hujan dan bertambahnya volume air dengan cepat membuat terjadi genangan di beberapa titik, namun paska hujan reda akan segera kembali normal.

    “Kita ketahui Denpasar merupakan daerah hilir. Selain sedimentasi, pasang surut air laut juga mempengaruhi aliran air menuju muara,” paparnya

    Baca Juga:  Lewat Kolaborasi Lokal dan Internasional Perdana, Syrco BASÈ Gelar 'Collection I'

    Jimmy Sidharta juga mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air. Hal ini mengingat sudah memasuki musim hujan.

    “Selain menyebabkan air meluap akibat berkurangnya daya tampung sungai, sampah juga akan bergerak menuju muara. Ini akan mengotori pantai. Jadi masyarakat dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai atau saluran air,” ajaknya.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi