PolitikTabananTokoh

Rekam Jejak Putra Dauh Pala, I Komang Gede Sanjaya

    TABANAN, Kilasbali.com – Nama Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.., MM., memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Bali, khususnya di Kabupaten Lumbung Beras Bali, Tabanan.

    Kendatipun demikian, tak banyak yang tahu rekam jejak politisi kelahiran Tabanan, 4 Oktober 1966 ini.

    Ternyata, pria yang merupakan warga dari Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Tabanan, Bali sebelumnya pernah bekerja menjadi pegawai hotel sebelum terjun ke politik.

     

    Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.., MM.,

     

    Ketika karirnya sedang moncer di dunia pariwisata, di tahun 1993 tiba-tiba saja salah satu keluarganya meminta dirinya mengundurkan diri dari hotel dan melanjutkan menempuh pendidikan manajemen properti.

    Dengan tekad bulat, iapun menempuh pendidikan ke Jakarta selama satu tahun. kilasbali. Sekembali dari Ibu Kota Jakarta tahun 1994, suami dari Ny. Rai Wahyuni Sanjaya inipun menekuni bisnis yang bergerak porperti yang saat itu sedang booming.

    Namun saat bergulir reformasi, iapun diminta teman untuk bergerak mengisi perubahan. Sebab prospek di properti lebih menjanjikan, iapun lebih memilih menjadi donatur.

    I Komang Gede Sanjaya dengan sang istri

    Rupanya keputusan itu tak didukung oleh rekan-rekannya. Karena dinilai tidak cocok menjadi donatur. Ia kemudian diminta terjun ke politik agar bisa mengisi perubahan dan mewakili suara masyarakat.

    Sanjaya pun dipercaya menjadi anak ranting di Banjar Dauh, di mana saat itu, umurnya baru 35 tahun. kilasbali. Perbedaan mencolok dan tidak linier dengan jenjang pendidikan yang ia tempuh pun terjadi. Politik ternyata tidak seperti bisnis properti. Ilmu pasti tak bisa tak bisa diterapkan.

    Baca Juga:  Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Wali Kota Denpasar di DTIK Festival 2024!

    Kendatipun demikian, Sanjaya yang mudah bergaul dan sangat cerdas inipun akhirnya tak butuh waktu lama untuk bisa beradaptasi di bidang politik. kilasbali. Hal tersebut di buktikan dengan dirinya ikut terjun dalam Pileg di tahun 2009 dan berhasil terpilih mewakili masyarakat duduk menjadi anggota dewan.

    Setahun setelah Pileg itu, Pilkada Tabanan tahun 2010 pun berlangsung. Sanjaya kemudian diminta untuk mendampingi Ni Putu Eka Wiryastuti menjadi calon wakil bupati.

     

    Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.., MM., saat menerima penghargaan

    Bak gayung bersambut, Sanjaya pun terpilih dan bahkan hingga dua periode mendampingi anak dari Adi Wiryatama yang merupakan Bupati Tabanan periode sebelumnya. Sanjaya terpilih mendamping Eka Wiryastuti yakni di periode pertama 2010/2015, dan periode kedua 2015/2020.

    Kesuksesan dalam kontestasi itupun berbuah manis. Sanjaya dipercaya untuk memegang marwah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yakni menjadi Ketua DPC PDIP Tabanan di tahun 2014 hingga sekarang.

    Di tengah kesibukannya menjadi wakil bupati, Sanjaya pun menyempatkan diri melanjutkan menempuh pendidikan S3 di IHDN. kilasbali.com. Usahanya pun tak sia-sia. Di tahun 2018, dirinya pun resmi lulus S3 bidang ilmu agama di IHDN, dan bergelar Doktor.

    I Komang Gede Sanjaya aktif bergerak dibidang sosial

    Melihat rekan jejak itu, Sanjaya pun kembali dipercaya dan mendapatkan rekomendasi dari Partai Moncong Putih besutan Megawati Soekarno Putri ini menjadi calon wakil Bupati Tabanan, berpasangan dengan politisi asal Beraban, I Komang Edi Wirawan.

    Sanjaya pun mengaku siap mengemban tugas sebagai Calon Kepala Daerah Tabanan. Jika ia terpilih sebagai Bupati Tabanan, maka ia akan mempercepat kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program, yakni berdaulat di bidang pangan, berdikari dan mendorong ekonomi kerakyatan, mewujudkan masyarakat yang inovatif dan kreatif dan melanjutkan program pemerintah yang pro rakyat.

    Baca Juga:  Lewat Kolaborasi Lokal dan Internasional Perdana, Syrco BASÈ Gelar 'Collection I'
    Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.., MM., saat menerima penghargaan dari Gubernur Bali Wayan Koster

    Penghargaan

    Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.., MM., rupanya mengoleksi berbagai penghargaan yang patut diajungi jempol. Tercatat sembilan penghargaan ia catat sejak tahun 2012 hingga 2020. Yaitu mulai dari The Most Creative People Award 2012 yang diberikan Yayasan Citra Insani, Jakarta, Indonesia Achievement Award “Man of the Year 2014” dari Yayasan Penghargaan Indonesia, Figure Achievement Economist of Indonesia 2014-2015 dari Yayasan Penghargaan Indonesia di tahun 2015, International Seminar Spirituality in 21st Century Speaker “Succes in Life with The Power of Drama dari Lembaga Bhagavad Gita Movement of Indonesia di tahun 2028.

    Lencana Adhi Bhakti Tani Nelayan Utama dari Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional Indonesia di tahu 2018, Great Support ini Vovinam Development dari The 4th AVF Asian Vovinam Championship 2018 Committee, Pembicara/narasumber pada Rakerda I PDP PDI Perjuangan Jawa Timur tahun 2020 dari DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Pembicara/narasumber pada Rakerda I PDP PDI Perjuangan Sumatera Selatan Tahun 2020 dari DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan, dan Pembicara/narasumber pada Rakerda I PDP PDI Perjuangan di Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2020 dari DPD PDI Perjuangan Provinsi NTT.

    Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.., MM., tampak terjun dan ikut berkebun

    Riwayat Organisasi

    Selain berbagai penghargaan tersebut, Sanjaya juga sangat aktif dan terjun di berbagai organisasi. Pria yang memiliki integritas dan kepiawaian dalam memimpin, menjadi acuan berbagai organisasi mempercayakan untuk memegang tongkat komando.

    Baca Juga:  Ini Dia Juara PLN Journalist Awards 2023 untuk Peliputan di Bali

    Mulai dari Ketua LSM Forkot Tabanan 2000 – hingga sekarang, Anak Ranting PDIP Banjat Dauh Pala 2000 – 2005, Bendahara PAC PDIP Kecamatan Tabanan 2005 – 2010, Ketua DPC PDIP Kabupaten Tabanan 2015 – 2019, 2019 – 2024, Wakil Ketua KNPI Tabanan 2005 – 2010, Ketua KONI Tabanan 2010 – 2015, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tabanan2011 – sekarang, Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Tabanan 2010 – sekarang, dan Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Tabanan 2010 – sekarang.

    Ketua Pengcab Biliar (POBSI) Tabanan 2005 – 2010, Pendiri Forum Bhineka Tunggal Ika Tabanan2011 – sekarang, Pembina Flobamora Tabanan 2011 – sekarang, Pembina Baitul Muslimin (Bamusi) Tabanan 2011 – sekarang, Pembina ORARI Tabanan 2008 – sekarang, Pembina RAPI Tabanan 2008 – sekarang, Ketua Umum Porprov Tabanan 2019, Ketua Umum Panitia Karya Agung Pengurip Gumi Pura Luhur Batukau 2019, dan Penyegjeg Desa Adat Kota Tabanan 2019 – sekarang.

    Riwayat Pedidikan

    Sekolah Dasar (SD) 6 Banjar Dukuh Desa Dauhpeken Tabanan, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tabanan, Sekolah Menengah Atas Taman Pendidikan (SMATP) 45 Tabanan, S1 Universitas Warmadewa Fakultas Ekonomi Denpasar, S2 Universitas Triatma Mulya Badung, dan S3 Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar. (red/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi