GianyarPeristiwa

Waspada Pohon Tumbang di Musim Panas

    GIANYAR, Kilasbali.com – Musim panas justru musibah pohon tumbang harus diwaspadai. Karena pohon yang sudah borok yang tiba-tiba diguyur hujan disertai angin kencang, berpotensi roboh.

    Demikian halnya musibah pohon tumbang melintangi jalan yang terjadi di Jalan Raya Kerta, Payangan, Kabupaten Gianyar.

    Meski tidak menimbulkan korban jiwa, kemacetan panjang pun tak terhindarkan di jalur distribusi Pertanian Kintamani-Denpasar itu.

    Informasi yang dihimpun, Senin (23/11/2020), musibah pohon tumbang saat hujan lebat tiba-tba mengguyur, Minggu (22/11/2020) sore. Pohon waru yang bagian pangkalnya sudah lapuk tersebut tumbang melintangi badan jalan.

    Baca Juga:  Gerombong Pembuat Genteng di Tabanan Kebakaran Saat Ditinggal Mandi

    Lantaran menimbulkan kemacetan panjang, sejumlah personil Polsek Payangan diturunkan untuk mengatur lalu lintas dan sebagiannya bersama warga menggeser bangkai pohon.

    “Malam itu, pohon langsung di evakuasi bapak-bapak kepolisian bersama warga untuk menghindari kemacetan panjang,” ungkap Anak Agung Rai Pratama salah seorang warga dekat lokasi kejadian.

    Agung Rai menyebutkan, saat itu dirinya sedang berada di tempat usaha cuci mobil miliknya. Saat itu, usai panas menyengat, tiba tiba mendung lanjut hujan lebat mengguyur disertai angin. Beberapa menit kemudian dirinya mendengar suara rebahan pohon tumbang.

    Baca Juga:  Bale Saka Enam di Kerambitan Kebakaran saat Pemiliknya Terlelap Tidur

    “Mendengar suara itu, saya mengeceknya ke selatan sekitar 100 meteran. Saya dapati pohon waru sudah tumbang melintangi jalan dan menghalangi jalan. Mobil-mobil yang melintasi sudah menumpuk,” terang Rai.

    Secara terpisah, Kapolsek Payangan, AKP Made Tama yang ikut turun langsung ke lokasi menyebutkan, pohon waru tersebut memiliki tinggi kurang lebih 10 meter dengan diameter kurang lebih 40 centimeter.

    Penyebab robohnya pohon jenis waru tersebut diperkirakan oleh faktor cuaca hujan lebat disertai angin sehingga tidak kuat menahan daun dan cabang pohon yang lebat. Akibat bencana pohon tumbang tersebut nihil terjadi korban jiwa maupun materiil.

    Baca Juga:  Ini Dia Jegeg Bagus Gianyar 2024 

    Disebutkan, kondisi pohon memang sudah lapuk di bagian panggalnya. Sehingga saat hujan lebat tiba-tiba mengguyur disertai angin kencang, rentan roboh. Pihaknya pun harus melakukan tindakan cepat tanpa harus menunggu petugas BPBD.

    “Proses evakuasi kami lakukan selama satu jam dengan melibatkan personil polsek 9 orang dan dibantu oleh masyarakat setempat,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi