BirokrasiCeremonialDenpasar

Kota Denpasar Jalin Kerjasama dengan Kota Perth Australia

    – Rai Mantra : Peluang Tumbuhkan Ekonomi Baru

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pemkot Denpasar menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Perth Australia di bidang ekonomi kreatif. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MOU antara Walikota Denpasar I.B. Rai Dharmawijaya Mantra dengan Walikota Perth, Basil Zempilas secara virtual, di Graha Sewaka Dharma Denpasar, Senin (14/12/2020).

    Walikota Denpasar Rai Mantra mengatakan MoU ini akan menghasilkan peluang ekonomi baru bagi kedua kota. MOU ini sudah berjalan dari beberapa universitas swasta di Denpasar, tentang inkubasi dan inovasi.

    Ia menyatakan inovasi kerjasama ekonomi kreatif oleh para Start up atau enterprenurship ini dengan jalinan kerjasama luar negeri dengan Kota Perth dapat berjalan dengan baik, berkelanjutan, dan berkesinambungan, sehingga bisa memberi manfaat bagi kedua kota yaitu tercapainya kesejahteraan masyarakat kedua kota.

    Baca Juga:  Kejuaraan Karate Antar Pelajar Se-Kabupaten Tabanan

    “Sekarang kita lebih memperjelas lagi dengan berdirinya DNA sebagai salah satu sarana atau fasilitas inkubasi terutama dalam ekosistem fellowship dan start up itu sendiri,” sebutnya.

    Menurut Rai Mantra di Perth itu sendiri sudah ada program bernama Blue dimana mereka sudah membentuk ekosistem, dimana ada peran pemerintah, swasta, dan investasi atau perbankan dalam masalah modal maupun komoditas. Komoditas disana adalah komoditas bisnis.

    “Jadi kita harus banyak belajar terutama di bidang teknologi serta jasa. Terutama untuk kepentingan pariwisata, administrasi managemen, dan agribisnis.

    Baca Juga:  PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Masa Libur Idulfitri 2024 di Bali

    Kebanyakan dari mereka bergerak di industri mining yang telah bekerjasama dengan banyak pihak di Indonesia,” imbuhnya.

    “Kita harus menangkap hal itu, dan berhubungan langsung. Sebagai industri tourism banyak hal seperti itu, yakni co working dan co living. Seperti yang kita dengar dari Walikota Perth, Bali atau Denpasar menjadi tujuan utama mereka untuk co living dan co working. Jadi kita juga belajar sistemnya dan menangkap pasarnya,” pungkas Rai Mantra.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi