Jembrana

Pangdam IX/Udayana Tinjau Pos Rapid Test Antigen Gratis Bagi Sopir Angkutan Logistik

    JEMBRANA, Kilasbali.com – Semakin meningkatnya orang yang masuk ke Bali, menjadi perhatian serius Kodam IX/Udayana. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, meninjau langsung penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 dan Kesiapan Pos Rapid Test Antigen Gratis bagi warga atau sopir angkutan logistik yang disiapkan dalam rangka libur Natal 2020 dan Tahun baru 2021, di Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu, (19/12/2020).

    Menurutnya, telah dibukanya pariwisata Bali pada saat libur Natal dan Tahun Baru di tengah Pandemi Covid-19, ini merupakan ujian bagi Pemerintah Bali, apabila peningkatan kasus Covid-19 di Bali menurun, maka pariwisata Bali bisa dibuka lebih luas lagi. Begitu juga sebaliknya jika kasus Covid-19 semakin meningkat, maka kemungkinan besar pariwisata Bali akan ditutup kembali.

    Baca Juga:  Jalin Silaturahmi, Bupati Tabanan Sambut Kedatangan Pangdam IX Udayana

    “Melalui diskusi yang panjang dengan semua pihak, pemerintah daerah Bali harus mengambil kebijakan dan keputusan untuk membuka kembali pariwisata di Bali, dengan harapan antara pencegahan penularan Covid-19 dan ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan baik,” kata Pangdam.

    Agar apa yang diharapkan oleh semua pihak dapat berjalan dengan baik, Pangdam mengimbau kepada semua pihak dan masyarakat termasuk wisatawan agar dengan kesadaran yang tinggi, untuk tetap melaksanakan dan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, sehingga dapat memutus penyebaran dan penularan Covid-19.

    “Satgas Covid-19, dari TNI, Polri, Pemda, dan semua unsur terkait lainnya selalu mengimbau masyarakat Bali, untuk selalu sadar akan pentingnya Protokol Kesehatan Covid-19, apabila kasus Covid-19 akan terjadi peningkatan lagi, resikonya Bali akan ditutup kembali,” ujar Pangdam.

    Baca Juga:  Jalin Silaturahmi, Bupati Tabanan Sambut Kedatangan Pangdam IX Udayana

    Pemerintah Provinsi Bali, TNI, Polri, dan instansi terkait lain terus berusaha meyakinkan pemerintah pusat dan agar ekonomi masyarakat Bali bisa berjalan. Dengan berdasarkan laporan yang diterima oleh Satgas Covid-19, sampai saat ini telah terjadi peningkatan dan terdapat sebanyak 13 ribu wisatawan yang masuk ke Bali melalui jalur udara dan darat, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

    Selanjutnya Pangdam menyampaikan, untuk jalur masuk yang melalui darat atau pelabuhan Gilimanuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Saat ini Satgas pusat telah memberikan bantuan sebanyak 100 ribu lebih rapid tes antigen sehingga khusus bagi sopir dan kernet angkutan logistik akan difasilitasi untuk memudahkan masuk ke Bali.

    Baca Juga:  Jalin Silaturahmi, Bupati Tabanan Sambut Kedatangan Pangdam IX Udayana

    “Akan difasilitasi pelaksanaan Rapid tes antigen untuk sopir dan kernet angkutan logistik yang masuk ke Bali, tetapi tetap dilihat dinamika di lapangan kalau ada hal-hal yang mendesak dan ada masyarakat tidak mempunyai uang untuk Rapid tes antigen mandiri, maka tetap akan difasilitasi,” tutup Pangdam.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Bupati Jembrana I Putu Artha, Danrem 163/Wirasatya Brigjen TNI Husein Sagaf, Danlanal Bali Kolonel Laut Ketut Budiantara, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Kasiops Korem 163/Wirasatya, Dandim 1617/Jembrana dan Kapolres Jembrana serta Para Pejabat daerah Jembrana lainnya. (Pendam IX/Udayana)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi