GianyarNews Update

Antisipasi Dampak, Vaksinasi Nakes Digelar Bertahap

    GIANYAR, Kilasbali.com – Kalangan medis rupanya tidak mau sepenuhnya menyakini keamanan dampak Vaksin covid-19.  Tidak ingin tenaga kesehatan menjadi “tumbal”, vaksinasi pun akan digelar bertahap.

    Langkah ini dimaksudkan agar pelayanan kesehatan tetap berjalan, jika reaksi vaksin mempangaruhi nakes.

    Dari informasi yang diterima, Selasa (12/1/2021) distribusi vaksin Covid-19 ke Kabupaten Gianyar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Bali, sudah tiba Selasa sore.

    Dinas Kesehatan Gianyar pun telah menyiapkan tempat penyimpanan khusus di Dinkes Gianyar, sebelum didistribusikan ke masing-masing kecamatan.

    Terkait vaksinasinya nanti, Dinas Kesehatan Gianyar akan mengutamakan pada tenaga kesehatan (nakes) di Gianyar. Namun vaksin sebanyak 3.210 unit ini tidak langsung diberikan pada nakes secara serentak.

    Baca Juga:  Polisi Boleh Ngonten di Medsos Asal Sederhana!!!

    Hal itu dikarenakan, dalam pemberian vaksin tersebut, disinyalir akan ada reaksi, kemungkinan panas atau bagaimana. Dan, selama reaksi tersebut, tentunya para nakes perlu beristirahat.

    Karena itupula, untuk memastikan pelayanan kesehatan, baik di rumah sakit maupun Puskesmas tidak terganggu, vaksinasi dilaksankan secara bertahap/bergilir. Sementara Jumlah vaksin tahap pertama yang sudah diterima 3.210 dosis.

    “Vaksin ini tentu ada reaksi, panas atau apa. Ini akan diatur. Biar tidak semua nakes drop, agar pelayanan tidak tersendat,” ujar Plt Dinas Kesehatan Gianyar, Ida Komang Upeksa disela menerima kedatangan vaksin, Selasa sore.

    Baca Juga:  Begini Penampilam Gong Kebyar Duta PKB Kabupaten Gianyar

    Ida Komang yang juga Direktur RSU Sanjiwani Gianyar ini mengatakan, Dinkes Gianyar telah menyiapkan 17 tempat penyimpanan vaksin sebelum didistribusikan ke pihak yang akan divaksinasi dalam tahap pertama.

    Kata dia, dari total tempat tersebut, terdiri dari 13 Puskesmas, 3 Rumah Sakit, serta 1 di Kantor Dinas Kesehatan.

    “Itu tempat penyimpanannya sudah kita persiapkan, untuk kedatangan vaksinya kita masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali,” ujarnya.

    Adapun puskemas yang nantinya dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan vaksin ini, di antaranya 2 Puskesmas di Kecamatan Sukawati, 2 Puskesmas di Kecamatan Blahbatuh, 2 Puskesemas di Kecamatan Tampaksiring, 2 puskesmas di Kecamatan Ubud, 2 Puskesmas di Kecamatan Tegallalang, serta 1 Puskesemas di Kecamatan Payangan.

    Baca Juga:  Aspirasi Banteng Tabanan Soal Bacagub, Antara Koster-Giri dan Koster-Ace

    Sementara, kata dia, rumah sakit yang akan digunakan untuk tempat penyimpanan vaksin Covid-19 ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar, Rumah Sakit Payangan, serta satu rumah sakit swasta yakni Rumah Sakit Ganesha. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi