SosialTabanan

Longsor Tutup Jalan, Kodim Tabanan Turun Tangan

    TABANAN, Kilasbali.com – Hujan lebat yang mengguyur Tabanan pada Jumat malam lalu, menyisakan longsoran tanah di Perumahan Sandan Sari, Desa Banjar Anyar Kediri Tabanan dan menutup akses jalan keluar masuk perumahan tersebut.

    Atas laporan masyarakat tentang longsoran yang tidak dapat teratasi oleh warga, Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto turun langsung ke lokasi dan mengerahkan alat berat serta dump truck untuk membuka kembali akses jalan tersebut, Selasa (19/1/2021).

    Baca Juga:  Bunda Paud Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

    Dandim mengungkapkan, mendapatkan laporan tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pemkab Tabanan, BPBD dan instansi terkait untuk membantu membuka akses jalan keluar masuk perumahan tersebut.

    “Hasil koordinasi, hari ini kami kerahkan alat berat dari BPBD Tabanan dan dua unit dump truk dari Yon Zipur-18 Gianyar untuk mengangkut dan membersihkan jalan yang berada di Blok G Perumahan yang menutup akses jalan enam unit rumah yang dihuni enam KK tersebut. Di mana warga yang terisolasi sudah mengungsi di tempat lain sejak Jumat malam,” jelasnya.

    Baca Juga:  Ditinggal Mudik, Warung di Kerambitan Dibobol Maling

    Dalam kesempatan itu, Dandim juga mengimbau kepada masyarakat Tabanan agar selalu membudayakan membuang sampah pada tempatnya. Karena sampah yang dibuang sembarangan adalah salah satu penyebab timbulnya bencana baik banjir maupun tanah longsor.

    “Saya himbau masyarakat Tabanan agar membuang sampah pada tempatnya untuk menghindari bencana banjir dan tanah longsor. Kalau masyarakat masih membuang sampah sembarangan dapat dipastikan bencana banjir dan tanah longsor akan terjadi lagi,” himbaunya.

    Sementara itu, salah satu warga di perumahan ini mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI maupun Polri dan Instansi terkait yang telah membantu dalam mengatasi masalah ini. “Terutama Bapak Dandim Tabanan yang langsung turun tangan dan mengerahkan personel dan alat berat untuk membantu warga di Perumahan tersebut, sehingga akses jalan dapat digunakan kembali,” ungkapnya. (kas/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi