CeremonialKlungkungSeni BudayaTokoh

Buka Mahasabha Sira Arya Gajah Para, Gubernur Koster Ajak Bersatu Bangun Bali

    KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster mengajak Pratisentana Sira Arya Gajah Para bersatu membangun Bali sesuai dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

    Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali asal Desa Sembiran Buleleng ini. saat membuka secara resmi Mahasabha Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas pada, Jumat (12/2/2021).

    “Mahasabha ini sangat penting dilaksanakan untuk memperkuat jati diri kita sebagai warga Bali, sekaligus momentum untuk menyatukan kekuatan membangun Bali, mengingat Bali merupakan Pulau yang kecil,” ujarnya.

    “Namun alam Bali dianugerahi kekayaan yang luar biasa dengan alamnya yang indah, dengan manusianya yang unggul, dan budayanya yang luhur, untuk itu apa yang sudah menjadi warisan leluhur kita harus dijaga dan dilindungi,” lanjutnya.

    Baca Juga:  Nyuwun Banten Pajegan 2,7 M, Perempuan Ini Dikawal Ketat

    Gubernur Koster menceritakan, berdasarkan sejarah peradaban Bali mulai dari Bali Kuno sampai dengan hasil ‘research’ para ilmuan yang dia baca, disebutkan orang Bali itu termasuk orang yang unggul.

    “Keunggulan orang Bali dapat kita lihat dari hasil kebudayaannya yang kaya, unik dan sampai saat ini dikenal dunia,” ungkapnya.

    Gubernur Koster berharap, Mahasabha ini berjalan lancar, dan dijadikan momentum untuk menyatukan kekuatan Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas.

    Baca Juga:  WNA Sewakan Motor Lengkap dengan Instruktur

    Sementara itu, Ketua Panitia Mahasabha Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas, I Ketut Suadnyana mengatakan, Mahasabha ini digelar berdasarkan AD/ART warga Sira Arya Gajah Para dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan pratisentana di seluruh Indonesia, selain juga untuk membentuk kepengurusan pusat.

    “Hingga saat ini ada pengurus Pura Kawitan, Pura Dadia sebanyak 158 dadia yang tersebar di Bali, Lombok, Kalimantan dan Sumatera,” kata Suadnyana.

    Lanjut dia, Mahasabha ini digelar untuk memastikan jalannya Dharma Agama dan Dharma Negara warga Sira Arya Gajah Para dengan mengangkat tema ‘Melalui Mahasabha Kita Kembangkan Jiwa dan Semangat untuk Membangun Bali Menuju Sat Kerthi Loka Bali dengan Spirit Bhakti, Satya, Wirang’. (kas/rls/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi