DenpasarNews UpdateSosial

Melebihi Target Sasaran, Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Green Zone Sanur

    DENPASAR, Kilasbali.com – Vaksinasi massal dosis pertama Covid-19 untuk zona hijau di Sanur sudah mencapai 100,44 persen, sesuai data per hari Sabtu, 3 April 2021. Total jumlah yang sudah divaksin mencapai 34.372 orang, melebihi target sasaran yakni sebanyak 33.225 orang.

    Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, jumlah ini melebihi target yang ditentukan. Namun pihaknya mengaku akan terus melakukan penyisiran jika masih ada yang tercecer.

    Ia mengatakan, jumlah tersebut melebihi target dikarenakan masih ada yang belum terdata saat pendataan awal. Apalagi wilayah Sanur memiliki tingkat mobilitas penduduk yang cukup tinggi.

    “Yang masuk dalam data tambahan ini salah satunya pekerja proyek dermaga di Sanur. Karena mereka bekerja sampai 2 tahun makanya kami vaksin. Itu salah satu contoh,” ucap Dewa Rai, Minggu (4/4/2021).

    Baca Juga:  Aspirasi Banteng Tabanan Soal Bacagub, Antara Koster-Giri dan Koster-Ace

    “Walaupun sudah melebihi target, tetap kami lakukan vaksinasi lagi hari ini. Saat ini pihak desa maupun kelurahan tengah melakukan penyisiran untuk warga yang belum tervaksin,” katanya.

    Jika nantinya setelah penyisiran masih ada yang tercecer, vaksinasi akan diarahkan ke fasyankes yang berada di wilayah Sanur atau fasyankes terdekat lainnya.

    Untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini, pihaknya hanya mengaktifkan 3 posko yakni Banjar Bet Ngandang tepatnya di Warung De’Mel Sanur Kauh,  Lapangan YPS (Yayasan Pembangunan Sanur) Kelurahan Sanur, serta Banjar Medura tepatnya di Gedung Madu Sedana Sanur Kauh.

    Baca Juga:  Mobil Bak Terguling dan Nyemplung ke Got di Jalur Denpasar-Gilimanuk

    “Semakin banyak yang tervaksin, akan semakin baik sehingga bisa terbentuknya imunitas komunal,” katanya.

    Seperti diinformasikan, pelaksanaan vaksinasi masal di Sanur ini telah dilaksanakan sejak tanggal 22 Maret lalu.

    Vaksinasi masal ini menjangkau seluruh masyarakat di Sanur yang terdiri atas 3 wilayah utama yakni Desa Sanur Kaja, Desa Sanur Kauh dan Kelurahan Sanur termasuk pekerja pariwisata. Vaksinasi ini juga menyasar pekerja hingga ekspatriat yang tinggal dan bekerja di Sanur.

    Adapun kelengkapan administrasi yang diperlukan yakni KTP Elektronik yang digunakan untuk pendaftaran langsung di lokasi vaksinasi. Untuk pelaksanaan vaksinasi dari awal, disediakan 24 lokasi yang menjadi pusat pelayanan vaksinasi di kawasan Sanur.

    Lokasinya yakni Khusus Desa Sanur Kauh dipusatkan di Warung D.Mel Betngandang, Banjar Tewel, Banjar Medura, Banjar Dangin Peken dan Pasar Intaran. Untuk Kelurahan Sanur dipusatkan di Lapangan Yayasan Pembangunan Sanur, Banjar Semawang dan Pasar Sindu.

    Baca Juga:  Penyineban Karya IBTK Tahun 2024, Pj Gubernur Bali Nuek Bagia Pula Kerti

    Dan untuk wilayah Desa Sanur Kaja dipusatkan di Banjar Pekandelan, Bali International School, Hyatt Regency, dan Prime Plaza Hotel.

    Untuk vaksinasi dosis kedua akan digelar Mei 2021 mendatang. Hal ini dikarenakan jarak antara vaksin dosis pertama ke dosis kedua untuk AstraZeneca yakni 8 minggu.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi