Denpasar

Akhir Mei, Pemkot Denpasar Targetkan 85 Persen Masyarakat Tervaksin Covid-19

    DENPASAR, Kilasbali.com – Vaksinasi Covid-19 di Kota Denpasar mulai menyasar masyarakat umum. Vaksinasi untuk masyarakat umum ini dimulai dari Kecamatan Denpasar Barat serta daerah penyangga green zone Sanur.

    Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan vaksinasi untuk masyarakat umum ini menggunakan AstraZeneca.

    “Untuk sekarang, bagi masyarakat yang sudah berusia di atas 17 tahun akan langsung divaksin dengan AstraZeneca. Karena untuk vaksin Sinovac akan digunakan untuk vaksinasi dosis kedua,” kata Jaya Negara, Rabu (5/5/2021).

    Menurut Walikota Denpasar, hingga saat ini masih ada 80 ribu sasaran dengan Sinovac yang belum mendapat vakisin dosis kedua. Sehingga pihaknya akan memfokuskan penggunaan Sinovac untuk dosis kedua.

    Baca Juga:  Tradisi Melasti Se-Desa Adat Blahbatuh

    Ia juga berharap agar semua masyarakat yang ada di Kota Denpasar bisa tersasar vaksinasi Covid-19.

    “Target selesai, memang masyarakat semua harus kena vaksin artinya kalau kehadiran masyarakat baik, kerja akan lebih cepat dan bisa meluangkan waktu, sehingga kami membutuhkan dukungan masyarakat ini. Semakin cepat selesai semakin bagus,” imbuhnya.

    Jaya Negara menambahkan masyarakat yang sudah tervaksin di Denpasar telah mencapai angka diatas 55 persen. Dalam satu bulan ini pihaknya bisa melakukan vaksinasi untuk 100 ribu warga.

    “Kalau sebulan ini bisa mencapai 100 ribu orang, maka sudah melebihi target 70 persen dan itu bisa 85 persen bisa selesai akhir Mei,” katanya.

    Baca Juga:  Desa Megati Bersiap Diri Menjadi Kampung Alpukat

    Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Ni Luh Putu Sri Armini mengatakan dalam sehari pihaknya menargetkan minimal 6.000 warga bisa tervaksin, dengan ketersediaan vaksin Covid-19 sudah mencukupi.

    “Kemarin dapat 10 ribu dosis Sinovac dan hari ini 100 ribu dosis AstraZeneca. Sebelumnya memang sempat tersendat distribusinya, namun sekarang sudah mencukupi,” ucapnya.

    Pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat umum di Denpasar Barat menyasar 11 desa/kelurahan yakni Kelurahan Dauh Puri, Desa Dauh Puri Kauh, Desa Dauh Puri Kangin, Dauh Puri Kelod, Kelurahan Pemecutan, Desa Pemecutan Kelod, Desa Padangsambian Kelod, Kelurahan Padangsambian, Desa Padangsambian Kaja, Desa Tegal Kerta, dan Desa Tegal Harum.

    “Sasarannya adalah masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun. Termasuk kami akan menyasar lansia dan pelayan publik yang masih tercecer,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Muliartha Kembali Dikukuhkan Sebagai Ketua PWRI Bali 2024-2029

    Untuk tempat pelaksanaan vaksinasi ditentukan oleh masing-masing desa tergantung tingkat kepadatan penduduk dengan menerjunkan 11 tim.

    “Yang bertugas nanti Puskesmas 2 Denpasar Barat, Puskesmas 1 Denpasar Barat,” ujarnnya.

    Vaksinasi untuk 11 desa/kelurahan ini akan berlangsung hingga 10 Mei 2021 mendatang.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi