DenpasarEkonomi BisnisNews Update

Bahas Strategi UMKM Era Digital, Ketua Dekranasda Denpasar Buka Webinar UMKM Denpasar

    DENPASAR, Kilasbali.com – Ketua Dekranasda Denpasar Sagung Antari Jaya Negara membuka webinar bagi UMKM di Kota Denpasar dalam melakukan strategi di tengah pandemi dan era digital, Selasa (22/6/2021) di Graha Sewaka Dharma Lumintang.

    Hadir pula Kabag Kerjasama, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, Kadis Perindag Ni Nyoman Sri Utari, serta secara daring Kadis Koperasi UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadharma Sena.

    Webinar melibatkan pembicara Ayu Gede Willdahlia dengan pembahasan strategi story telling sebagai upaya penguatan produk UMKM. Disamping itu juga melibatkan pembicara Ketut Adhi Apriana yang membahas pembuatan vlog sebagai upaya penguatan branding dan kreativitas UMKM.

    Ketua Dekranasda Sagung Antari Jaya Negara mengatakan pandemi covid-19 telah memberikan dampak bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Denpasar. Sekurangnya terdapat 32 ribu pelaku UMKM yang terpukul selama pandemi.

    Baca Juga:  Desa Megati Bersiap Diri Menjadi Kampung Alpukat

    Sehingga dalam masa pandemi saat ini belanja online menjadi pilihan masyarakat untuk menghindari kerumunan dan promosi yang ditawarkan. Kemajuan dalam dunia bisnis ini menjadi sebuah momentum UMKM melakukan transformasi ke dalam ekosistem digital. Ada strategi dengan menyajikan produk dari video vlog hingga melihat perkembangan dalam media sosial sebagai ruang kreatif promosi.

    Baca Juga:  Amankan Jalur Mudik 2024, Polres Tabanan Atensi Dua Ruas Jalan Ini

    “Dalam webinar ini nantinya para pelaku UMKM dapat bertukar pikiran bersama para pengisi materi yang membahas strategi hingga kiat sukses mempromosikan produk melalui digital,” ujar Sagung Antari.

    Lebih lanjut dijelaskan webinar ini sebagai penjabaran misi pertama RPJMD Denpasar yakni meningkatkan kemakmuran masyarakat Kota Denpasar melalui peningkatan kualitas pelayanan, pendidikan, kesehatan dan pendapatan masyarakat yang berkeadilan.

    “Semoga kegiatan webinar bagi UMKM di Kota Denpasar dalam melakukan strategi di tengah pandemi dan era digital dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM,” ujarnya.

    Baca Juga:  Cek Pelayanan ‘Prima’ Kantor Samsat, Kapolres Gianyar: Jangan Persulit Masyarakat

    Sementara Ayu Gede Willdahlia pembicara pertama mengatakan story telling produk menjadi sangat penting dalam membuat penyampaian pesan dalam promosi produk. Langkah ini bisa dilakukan dengan pembuatan vlog dan melihat kondisi yang sebenarnya serta tidak mengurangi makna dari produk itu sendiri.

    “Sajikan sebuah cerita dalam pola pikir penyampaian pesan yang efektif dalam memberikan daya tarik produk dan tentunya tidak mengurangi makna dari produk,” ujarnya. (kb/rls)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi