DenpasarSeni BudayaTokoh

Jaya Negara dan Arya Wibawa Ngaturang Bakti di Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap

    DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi istri Sagung Antari Jaya Negara dan Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi istri Ayu Kristi Arya Wibawa serta Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara tangkil ngaturang bakti di Pujawali Padudusan Alit yang jatuh pada Purnamaning Kasa di Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap, Desa Pemogan Kecamatan Densel, Kamis (24/6/2021).

    Baca Juga:  Karya IBTK Pura Agung Besakih, Pj Gubernur Bali Sampaikan Ini

    Panitia Karya IB Mayun mengatakan Pujawali diawali pada Saniscara Umanis Medangkungan, dengan matur piuning, maguru bendu piduka, nanceb sanggar surya, melelaban samar. Kemudian pada Anggara Wage Matal, dilaksanakan mapekeling, dan nunas tirta kemudian pada Buda Kliwon Matal, nunas tirta segara, ngiyas lan ngewangun tapakan Ida Betara Betari dan Tapakan Ida Betara Sami, dan mapekelem. Untuk hari ini pada Wrespati Umanis Matal, merupakan puncak karya.

    Baca Juga:  Diprediksi Meningkat Kunjungan Wisatawan ke Tanah Lot Selama Bulan Ramadan

    “Sebelum pandemi Covid-19 ini melanda kami melaksanakan nyejer Pujawali selama 9 hari. Karena pada tahun ini pandemi belum juga mereda maka kami melaksanakan nyejer hanya selama 3 hari pada tanggal 25, 26, hingga 27 Juni 2021. Dan para pemedek kami wajibkan untuk menjaga jarak dan menggunakan sarana prokes seperti mengguakan masker, cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh,” katanya.

    Ia berharap masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah sehingga pandemi covid-19 ini cepat berlalu sehingga untuk tahun depan dapat melaksanakan Padudusan Agung yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali di Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap. (kb/rls)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi