DenpasarNews Update

Walikota Denpasar Serahkan BLT untuk Warga Terdampak Pandemi

    DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga Kota Denpasar yang terdampak pandemi Covid-19. Penyerahan BLT diberikan secara simbolis kepada perwakilan warga terdampak, di Kantor Walikota Denpasar, Rabu (14/7/2021).

    Plt Kadis Sosial Kota Denpasar I Nyoman Artayasa melaporkan terdapat 10.119 keluarga di Kota Denpasar yang mendapat BLT ini, dengan besaran Rp 300 ribu pada bulan Juli 2021. Dana tersebut ditransfer ke masing-masing rekening penerima BLT.

    Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan salah satu dampak dari PPKM Darurat membuat masyarakat makin terpuruk, apalagi bagi warga yang dirumahkan dan tidak bekerja.

    “Untuk itu lah di desa kita sudah bantu secara rutin melalui dana APBDes. Kita bantu sebanyak hampir 6 ribu-an senilai Rp 300 ribu. Karena ini di Kelurahan tidak bisa pakai dana desa, kita intervensi melalui dana kecamatan APBD masuk Kelurahan. Kita hanya sementara karena kondisi keuangan daerah juga agak terpuruk. Kita juga hanya bisa membantu Rp 300 ribu terhadap warga yang terdampak,” jelasnya.

    Baca Juga:  Cek Pelayanan ‘Prima’ Kantor Samsat, Kapolres Gianyar: Jangan Persulit Masyarakat

    “Sekarang kita masih mengkaji dari sisi ekonominya. Banyak juga pedagang yang tutup gara-gara ini. Kita juga memikirkan itu. Kami masih mendata para pedagang. Mudah-mudahan ada kebijakan juga dari DPRD, kita juga berusaha akan mengalokasikan semaksimal mungkin untuk para pedagang yang kesulutan seperti ini,” imbuh Jaya Negara.

    Ia menambahkan, BLT ini diberikan bagi warga Kelurahan di Kota Denpasar,
    karena melihat di desa yang dirumahkan mendapat bantuan dari APBDes. Sedangkan di Kelurahan tidak bisa karena dananya harus dari APBD dan harus dianggarkan.

    “Kalau di desa melalui refokusing kan dia bisa melakukan itu di desa. Kalau di pemerintahan kan tidak bisa, harus dianggarkan di awal seperti mekanisme penganggaran. Nah untuk itu lah karena ada peluang untuk refokusing kita melihat ada PPKM Darurat ini, kita berusaha intervensi masyarakat terdampak di Kelurahan biar dapat juga,” pungkasnya.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi