CeremonialDenpasarEkonomi BisnisTokoh

UMKM Denpasar Bangkit, Digital Marketing Solusi di Tengah Pandemi

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pelaku UMKM mesti mulai melakukan inovasi dan terobosan baru menghadapi pandemi Covid-19. Hal tersebut dikatakan Walikota Denpasar IGN Jaya Negara saat membuka Webinar UMKM Denpasar Bangkit yang diikuti 100 peserta, Sabtu (17/7/2021) .

    Jaya Negara menyatakan pemasaran digital menjadi sebuah solusi, dengan memanfaatkan teknologi. Pemasaran digital menjadi peluang dan harapan baru di tengah pandemi mengingat makin meningkatnya keterhubungan masyarakat dengan internet dan sosial media.

    “Kondisi in merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualannya,” tegasnya.

    Hal tersebut karena para pelaku UMKM bisa mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Antara lain dapat menjangkau konsumen yang luas karena bisa dilakukan lewat smartphone saja serta berbiaya murah karena bisa membuat konten menarik hanya dengan menggunakan peralatan sederhana milik sendiri.

    Baca Juga:  Ini Dia Jegeg Bagus Gianyar 2024 

    “Pemasaran digital juga lebih efisien karena dapat menjangkau konsumen yang sesuai dengan segmentasi khusus,” jelasnya.

    Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfos) Kota Denpasar I Dewa Made Agung mengatakan webinar ini dilakukan untuk memberi dukungan kepada para pelaku usaha di Kota Denpasar.

    “Harapannya para pelaku UMKM tetap dapat berusaha dan berjualan dengan menggunakan internet dan media sosial,” jelasnya.

    Dengan tetap kreatif dan inovatif serta jeli memanfaatkan peluang akan dapat membuat para pelaku UMKM tetap produktif di tengah berbagai keterbatasan.

    “Kini dengan menggunakan smart phone dan kuota serta kecakapan digital banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktifitas dan penjualan,” jelas Dewa Agung didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Gde Wirakusuma.

    Ditambahkannya webinar UMKM Denpasar Bangkit bertujuan mendorong para pelaku usaha tetap produktif akan dilaksanakan dalam beberapa seri kegiatan.

    Baca Juga:  Pemkot Denpasar Anggarkan Rp3,250 M Dukung Duta PKB XLVI

    ”Para peserta juga akan dipromosikan melalui akun-akun media sosial Pemerintah Kota Denpasar,” jelasnya.

    CEO PT Benlaris Sahabat Dewata Fatkur Rohman menyarankan para UMKM mengoptimalkan strategi pemasaran melalui media sosial.

    Khususnya memanfaatkan fitur dan fasilitas di masing-masing media sosial untuk mengembangkan bisnis.

    “Misalnya dengan menambahkan lokasi Bisnis di Google Map melalui Google My Bisnis,” jelas pengusaha jasa pemasaran digital ini.

    Baca Juga:  Polisi Boleh Ngonten di Medsos Asal Sederhana!!!

    “Para UMKM mesti eksis di media sosial sesuai target market, dengan memanfaatkan fitur marketplace Facebook,” tambahnya.

    Sedangkan Kurniawan Joko pemilik brand Kampung Souvenir mengajak para pelaku UMKM memanfaatkan market place yang ada dengan baik.

    “Optimalkan fasilitas di market place dan lakukan strategi untuk memasarkan produk dengan baik, karena melalui marketplace pelaku usaha bisa menjangkau pasar nasional bahkan luar negeri. Misalnya dengan membuat konten grafis dan video yang menarik serta mengoptimalkan review dari pelanggan di berbagai marketplace,” jelasnya.

    Joko juga menyatakan bahwa ada fitur promosi atau fasilitas permodalan dari marketplace yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha khususnya UMKM pemula.(kb/rls)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi