News UpdateSosialTabananTokoh

Percepat Vaksinasi Disabilitas, Rai Wahyuni Sanjaya Jemput Bola

    TABANAN, Kilasbali.com – Guna mempercepat pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, didampingi OPD terkait dan para tenaga medis, langsung turun ke lapangan mendatangi rumah-rumah para penyandang Disabilitas di Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Rabu (8/9/2021) pagi.

    Hal ini dilakukan sebagai langkah lanjutan dari pelaksanaan percepatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas umur 18 tahun ke atas yang dilaksanakan serentak di Kabupaten/Kota se-Bali, dimana di Tabanan ditargetkan agar menyelesaikan vaksin bagi 1.744 Penyandang disabilitas di Kabupaten Tabanan sampai tanggal 10 September 2021 untuk vaksin tahap I.

    Baca Juga:  Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali

    Disamping itu, dalam kegiatannya tersebut, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya juga memberikan paket sembako kepada kepada para disabilitas yang dikunjunginya.

    “Mengingat bahwa, saudara-saudara kita penyandang disabilitas merupakan orang-orang yang mempunyai cacat mental maupun fisik, tentunya sangat menyulitkan mereka untuk melakukan vaksinasi di tempat-tempat yang sudah disediakan. Untuk itu, kita harus langsung melakukan vaksinasi ke rumah yang bersangkutan,” ujar Rai Wahyuni Sanjaya di sela-sela kegiatan.

    Ia juga menegaskan, bahwa, para disabilitas tidak semuanya ditampung di satu panti atau tempat khusus, melainkan ada juga yang tinggal bersama keluarga atau kerabat yang tersebar di seluruh kecamatan.

    Baca Juga:  Komisi IV DPRD Tabanan Ingatkan PPDB Dipersiapkan Lebih Dini

    Hal ini tidak menyurutkan semangatnya, dengan mengajak seluruh pihak terkait, terutama tenaga medis di Tabanan dalam rangka mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang disabilitas sesuai target diatas.

    Sementara itu, Kadiskes Kabupaten Tabanan I Nyoman Suratmika menambahkan, kegiatan percepatan vaksinasi bagi disabilitas ini telah dilakukan secara berkelanjutan sejak tanggal 4 September 2021 dan sampai saat ini jumlah disabilitas yang divaksin telah mencapai 1.400 orang.

    “Mudah-mudahan vaksin pertama untuk 1.744 penyandang disabilitas sampai tanggal 10 September ini bisa tercapai,” harapnya.

    Baca Juga:  JNE Berbagi Berkah di Bulan Ramadan 1445 H

    Ia juga menjelaskan senada dengan Ketua TP PKK Tabanan, bahwa hambatan untuk percepatan vaksinasi untuk disabilitas ini adalah jarak dan keterbatasan mereka menuju ke tempat yang disediakan.

    “Para disabilitas itu kan terdiri dari orang-orang yang Tuna Netra, cacat fisik, bisu, tuli, sampai ODGJ yang susah diajak ke tempat yang dsediakan untuk vaksin. Untuk itu, Ibu Bupati mengajak kita beserta tenaga medis jemput bola ke rumah masing-masing penyandang disabilitas guna mempercepat vaksinasi,” ungkapnya. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi