CeremonialDenpasarSeni BudayaTokoh

Sejarah Baru, Gubernur Koster Luncurkan Keyboard Aksara Bali

    DENPASAR, Kilasbali.com Gubernur Bali, Wayan Koster meluncurkan Keyboard Aksara Bali di Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar, Sabtu (11/9/2021).

    Acara peluncuran Keyboard Aksara Bali ini juga merupakan pencapaian tiga tahun kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Sukawati.

    Keyboard Aksara Bali ini menjadi catatan sejarah baru karena pertama ada di Indonesia, di mana keyboard ini merupakan ide kreatif Gubernur Koster yang menugaskan Tim Peneliti dari Program Studi Informatika Fakultas MIPA Universitas Udayana untuk mengembangkannya.

    Menurut Gubernur Koster, ide mengembangkan Keyboard Aksara Bali merupakan pelaksanaan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

    Baca Juga:  Polisi Boleh Ngonten di Medsos Asal Sederhana!!!

    Lanjut dia, tujuannya adalah untuk melindungi keberadaan Aksara Bali sebagai warisan adi luhung dari Leluhur Bali yang diawali dengan menerbitkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 Tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali,

    serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali serta Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali.

    “Keyboard Aksara Bali merupakan perpaduan antara kearifan lokal Bali dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi digital dalam era globalisasi dunia saat ini,” ujarnya.

    Baca Juga:  Pemkot Denpasar Anggarkan Rp3,250 M Dukung Duta PKB XLVI

    Dia menambahkan, perkembangan teknologi digital yang mengglobal tidak boleh mematikan/menenggelamkan kebudayaan dan kearifan lokal Bali yang sangat kaya dan unik seperti Aksara Bali,

    melainkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk melestarikan Aksara Bali melalui teknologi digital yang digemari oleh para generasi muda melenial guna memajukan kebudayaan dan kearifan lokal Bali.

    “Ini program yang sangat keren, dengan sarana Keyboard Aksara Bali ini, Aksara Bali, tidak hanya dikenal oleh Krama Bali, tetapi akan meluas ke pergaulan masyarakat nasional, bahkan memasuki pergaulan masyarakat dunia,” tandasnya. (jus/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi