BirokrasiCeremonialDenpasarNews Update

Bappenas Tunjuk Kelurahan Pedungan Denpasar Dalam Program Layanan Lansia Terintegrasi

    DENPASAR, Kilasbali.com -Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Asian Development Bank (ADB) menunjuk Kelurahan Pedungan dalam Program Layanan Lansia Terintegrasi (LLT).

    Hal ini disampaikan Executive Director Survey Meter Ni Wayan Suriastini, saat audiensi dengan Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa di Kantor Walikota Denpasar Rabu(13/10/2021).

    Suriastini mengatakan,  Survey Meter ditunjuk Bappenas dan ADB untuk mengkoordinir Program Layanan Lansia Terintegrasi yang ada di lima Lokasi di Indonesia salah satunya di Kota Denpasar.

    Menurutnya ditunjuknya Denpasar sebagai Pilot Projek ini merupakan implementasi dari strategi nasional kelanjutusiaan yang ditandatangani oleh Presiden pada September 2021 lalu.

    Baca Juga:  Inflasi Tabanan Naik Jadi 3,78 Persen, Bupati Sanjaya Instruksikan Operasi Pasar Reguler

    Pilot projek itu ada dua kegiatan, pertama sistem informasi lanjut usia (Silani) dimana pendataan sudah dimulai 2019 selama tiga bulan. Setelah ada data akan dibuat aplikasi digitalnya.

    Untuk pilot projek kedua adalah layanan lansia terintegrasi dimana komponen besarnya adalah perawatan jangka panjang yang terintegrasi untuk lanjut usia. Layanan terintegrasi yang dimaksud adalah semua kebutuhan lansia baik kesehatan maupun sosialnya diintegrasikan.

    Dalam kegiatan ini akan menghadirkan case manager atau manager kasus. Case maneger ini melakukan penilaian kondisi lanjut usia. Apakah termasuk lansia level I yang sehat, level II mempunyai gangguan dan level III lansia yang memerlukan bantuan maupun dukungan untuk merawat kesehariannya.

    Baca Juga:  Sekda Bali Tekankan Satpol Pendekatan Humanis dalam Menegakkan Peraturan

    “Case maneger ini akan mengkoordinasikan layanannya karena di sana akan ada kader posyandu untuk ditanya apakah bisa datang langsung ke rumah lansia yang dimaksud. Jika memang perlu pelayanan kesehatan akan perawatan oleh tim kesehatan puskesmas,” ungkapnya.

    Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan kegiatan ini sangat bagus dan bisa dijadikan percontohan layanan lansia terintegrasi untuk di tingkat kota, bahkan tingkat nasional.

    “Untuk kelancaran program ini kami akan merapatkan dengan dinas terkait sehingga kegiatan ini bisa segera terlaksana,” kata Arya Wibawa.(kb/rls)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi