BirokrasiEkonomi BisnisGianyarPemerintahan

Koster Optimis PKB di Gianyar Lampui Target 

    GIANYAR, Kilasbali.com – Seiring perekonomian Bali mulai bergerak, Gubernur Bali, I Wayan Koster Optimis pendapatan Pajak kendaraan bermotor (PKB) di UPTD Samsat Gianyar bakal melampui target.

    Hal ini tercermin dari pendapatan per 16 November 2021 sudah menggapai 99 persen. Hal ini diungkapkan Koster saat meninjau pelayanan di UPT Samsat Gianyar, Rabu (17/11/2021).

    Hingga di UPTD Samsat Gianyar, satu persatu wajib pajak (WP) dihampiri Gubernur I Wayan Koster, sembari menanyakan keperluan WP. Menariknya, sebagian besar WP mengaku tidak membayar pajak pada tahun sebelumnya, lantaran kondisi ekonomi.

    Dengan adanya kebijikan Pemprov Bali terkait Pajak kendaraan bermotor ini, mereka pun menggunakan kesempatan ini.

    Baca Juga:  Tradisi Melasti Se-Desa Adat Blahbatuh

    “Saya sudah dua tahun tak bayar pajak  mobil Pak Gubernur. Berkat kebijakan bapak  yang tidak mengenai pajak ini, langsung saya prioritaskan untuk bayar pajak. Kalau bisa tahun depan kebijakannya masih sama pak,” harap Ibu Gayatini dari Payangan.

    Usai menyambangi para WP dan melihat suasana  pelayanan, Koster menyampaikan bahwa kunjungannya ke UPTD Samsat Gianyar adalah untuk memastikan efektivitas penerapan Pergub 46 tahun 202I. Di mana ada kebijakan yang di keluarkan  Pemprov dimaksudkan untuk meringankan beban WP.

    Tiga kebijakan itu, meliputi Kebijakan discount pajak. Yakni WP hanya membayar dua kali tunggakan dan bebas dari pokok, bunga dan denda. Selanjutnya, kebijakan tetang Pemutihan.

    Baca Juga:  Karena Ini KPU Belum Umumkan Caleg Lolos

    Disini WP hanya membayar pokoknya selama lima tahun tanpa bunga dan denda. “Terakhir, pembebasan biaya balik nama kendaraan bermotor. Target kami secara bertahap, seluruh kendaraan di Bali klir atas nama pemiliknya,” yakinnya.

    Dari kebijakan Pemprov ini, sebut Koster, pendapatan dari PKB ini menunjukkan sebuah peningkatan. Bahkan khusus di UPTD  Samsat Gianyar, dipastikan mencapai target sesuai yang ditargetkan sebesar Rp 113 M. Ini dipastikan dari pendapatan hingga (16/11) sudah mencapai Rp 112 M atau 99 persen.

    “Hingga akhir tahun, malah harus bisa melampaui target. Sedikitnya hingga 20 persen. Saya minta Kepala UPTD Samsat Gianyar semakin kenceng,” dorongnya.

    Baca Juga:  Dibayangi Kematian Mendadak! Peternak Bebek di Gianyar Was-was

    Beranjak dari Kantor UPTD Samsat, Gubernur yang didampingi Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana lantas meninjau persiapan lounching Pasar Rakyat Gianyar serta ke proyek Revitalisasi  Rsu Sanjiwani Gianyar. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi