GianyarPariwisata

Libur Nataru, Wisdom Jadi Andalan

    GIANYAR, Kilasbali.com – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), wisatawan domestik (wisdom) menjadi andalan para pengelola objek wisata di Gianyar. Namun sayang, hanya sejumlah objek yang digandrungi wisdom.

    Pantauan Minggu (26/12/2021), momentum libur Nataru di objek wisata di Gianyar, tidak semua kebanjiran kunjungan wisdom. Salah satunya pusat wisata kuliner di Pantai Lebih, justru sepi dan hanya disinggahi wisatawan domestik asal Bali.

    Syukurnya, di objek wisata alam lainnya, seperti di Tegenungan,  Desa Kemenuh,  Sukawati, tak hanya kunjungan, penginapan atau homestay di desa setempat justru meningkat tajam.

    Perbekel Kemenuh, Dewa Nyoman Neka saat dikonfirmasi mengakui jika kunjungan libur Nataru, wisdom sudah mengalami peningkatan. Dikatakannya dari ratusan vila, penginapan dan homestay di Desa Kemenuh hampir semua terisi.

    Baca Juga:  Menghilang Empat Hari, Pria Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Saluran Irigasi

    “Wisdom yang berkunjung ke Desa Kemenuh menikmati suasana alam persawahan,” katanya.

    Disebutnya, wisatawan selain mengunjungi air terjun Tegenungan, juga menikmati pemandangan alam dan kuliner ikan laut termasuk jajanan khas Bali.

    Dewa Neka sangat antusias dengan mulainya menggeliat kunjungan wisata ke desanya. Paling tidak menurutnya, sudah ada pemasukan bagi usaha wisata, khususnya untuk biaya pemeliharaan. “Ini ramainya sehak Jumat laku, semoga terus berlanjut sampai akhir tahun,” harapnya.

    Baca Juga:  Potong Ekor Babi Menyakiti Ternak tanpa Manfaat

    Dikatakan lagi, wisatawan yang berlibur kali ini lebih banyak dengan keluarga dengan membawa kendaraan sendiri dari Jawa atau Sumatera.

    Berbeda dengan kuliner di Pantai Lebih, saat jelang Nataru ini, kuliner di Pantai Lebih belum banyak mendapat kunjungan wisdom luar Bali. Klian Banjar Lebih Beten Kelod, Wayan Wirta menjelaskan saat liburan Nataru kuliner Pantai Lebih tidak ramai seperti obyek wisata lain.

    “Yang berkunjung akhir pekan kemarin lokal Bali, jumlahnya di bawah seribuan,” jelas Wayan Wirta. Kuliner Pantai Lebih justru mengalami kunjungan puncak saat liburan Hari Raya Hindu seperti Galungan, Saraswati dan hari lainnya.

    Baca Juga:  Karena Ini KPU Belum Umumkan Caleg Lolos

    Atas kondisi ini, Wayan Wirta berharap agar pemerintah bisa ikut mempromosikan kuliner Pantai Lebih ke luar Bali, agar dikunjungi wisatawan domestik. Untuk penerapan prokes, tiap warung sudah menyediakan  wastafel dan hand sanitizer.

    “Belum, sangat sedikit kunjungan wisdom, hanya kunjungan dari lokal Bali saja. Kami harap pemerintah ikut promosikan, karena salah satu kuliner ikan laut di Gianyar ada di Desa Lebih,” harapnya. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi