BirokrasiDenpasar

Pemkot Denpasar Raih Indeks Tertinggi SPBE Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pemkot Denpasar meraih indeks tertinggi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2021 se-Provinsi Bali untuk kategori kabupaten/kota. Dimana, Ibu Kota Provinsi Bali ini meraih nilai indeks 3,19 dengan predikat baik dan menjadi yang tertinggi. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1503 Tahun 2021.

    Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi Selasa (4/1/2022) menjelaskan, dengan diraihnya predikat baik pada indeks SPBE ini menunjukkan keseriusan Pemkot Denpasar dalam pelayanan pemerintah berbasis elektronik.

    Baca Juga:  Suara Festival Hadirkan Surga Tersembunyi di Nuanu City

    “Pemkot Denpasar secara bertahap mengoptimalkan pelayanannya melalui optimalisasi berbasis elektronik. Hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman dan mempermudah akses layanan publik bagi masyarakat,“ ujarnya.

    Menurut Alit Wiradana, penerapan SPBE erat kaitannya dengan pembangunan kota dalam penerapan konsep smart city. Dimana, tahap awal yang telah dilakukan Pemerintah Kota Denpasar untuk mendukung kegiatan digitalisasi daerah dari sektor belanja daerah.

    Baca Juga:  DPRD Tabanan Dorong Percepatan Realisasi Desa Presisi

    Seperti halnya yang telah dilaksanakan mulai dari SP2D online, sedangkan pendapatan pajak dan retribusi turut diterapkan penerapan pembayaran lewat aplikasi Pajak Digital (Pagi Denpasar) melalui kanal digital Qris, virtual account (va), payment of sales (pos), tapping box, e-commerce dan transfer melalui m-banking.

    Penerapan SPBE ini lanjut Alit Wiradana tentunya sangat membantu pemerintah Kota Denpasar dalam upaya menangani persoalan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    “Semoga berbagai layanan elektronik di lingkungan Pemkot Denpasar yang telah berjalan bisa dimanfaatkan secara optimal. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi,“ tutup birokrat asal Sanur ini.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi