News UpdatePolitikTabanan

Rancang RTRW, Dewan Tabanan Kunjungi Konservasi Tukik Yeh Gangga

    TABANAN, Kilasbali.com – Komisi I DPRD Tabanan melakukan kunjungan ke Konservasi Penyu Gangga Lestari Bali, di Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan, Rabu (5/1). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kerja Dewan dalam menyusun rancangan RTRW Kabupaten Tabanan dalam melindungi kegiatan konservasi di wilayah pesisir.

    Kunjungan lapangan Komisi I DPRD Tabanan, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Tabanan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi, didampingi oleh anggotanya, I Ketut Arsana Yasa, Dewi Marheni dan Dewi Trisnayanti. Selian itu Kunlap tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga. Selain itu juga dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Tabanan, Dinas Perikanan dan Dinas PUPRPKP.

    Pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi I, I Putu Eka Putra Nurcahyadi mengatakan, DPRD Tabanan sedang merancang RTRW Kabupaten Tabanan, salah satunya melindungi segala kegiatan yang ada di daerah pesisir, salah satu pelestarian alam konservasi tukik yang ada di Pantai Yeh Gangga, agar kedepannya ada payung hukum yang melindunginya. Dikatakan, bersasarkan Perda RTRW Proovinsi Bali, No 3 Tahun 2020, pesisir Tabanan menjadi kawasan pariwisata, dimana hal ini menjadi tantangan dalan perencanaan melindungi segala potensi hayati dengan menjaga ekosistem dipantai dan kearifan lokalnya. Terkait konservasi tukik tersebut nanti akan dimasukan dalam kawasan Ekosistem Isensial, yang melindungi aktivitas masyarakat dalam melindungi aset hayati tersebut.

    “Kami mengapresiasi masyarakat telah melaksanakan tindakan dalam melestarikan ekosisten penyu di yeh gangga. Dalam hal ini kewajiban Pemerintah Daerah adalah memayungi kegiatan tersebut, untuk melindungi kegiatan yang memberikan dampak untuk program Pusat maupun Daerah. Kita harapkan dengan regulasi yang disusun dapat melindungi masyarakat lokal dalam kegiatan yang dilaksanakan dipesisir Pantai Yeh Gangga ini,” jelasnya.

    Baca Juga:  Suara Festival Hadirkan Surga Tersembunyi di Nuanu City

    Sementara itu Ketua DPRD, I Made Dirga, mengapresiasi pelestarian dan konservasi tukik di Pantai Yeh Gangga. Menurutnya hal tersebut menjadi wadah atau tempat untuk menjaga ekositem kelautan khususnya penyu. Untuk komunitas pelestarian penyu di Tabanan sangat terbatas, dengan disusunnya RTRW Kabupaten Tabanan, maka segala kegiatan perlindungan alam yang ada di daerah pesisir akan mendapatkan payung hukum.

    Baca Juga:  Polisi Ungkap Motif Penganiayaan Berujung Maut di Desa Nyambu

    “Komunitas penyu di Tabanan sangat terbatas, selain itu jumlah tukik di Yeh Gangga juga terus berkurang. Terkait pengawalan Perda Tata Ruang Tabanan nantinya bisa menjadi payung hukum untuk kawasan pesisir yang memiliki potensi kekayaan hayati. Sehingga kami di Dewan berinsiatif akan masuk di RTRW kabupaten tabanan melindungi kegiatan konservasi di wilayah pesisir dan kami minta Komisi I untuk bisa mengawal regulasi atau aturannya,” ungkapnya.

    Pada kesempatan tersebut, Kepala Wilayah Yeh Gangga, I Ketut Pinda menjelaskan, pelestarian tukik di Pantai Yeh Gangga, dimulai dari tahun 2014 lalu. Dimana di sepanjang pantai Yeh Gangga sekitar 1,8 Km, merupakan tempat bagi penyu bertelur. Ketut Pinda membeberkan, pada tahun 2014 terdapat 8 sarang penyu bertelur, tahun 2015 ada 14 sarang, 2016 ada 9 sarang, tahun 2017 ada 30 sarang, tahun 2018 ada 64 sarang dan 2019 ada 40 sarang. Dikatakan jenis penyu yang bersarang di Pantai Yeh Gangga adalah penyu lekang (hitam). Pihaknya berharap agar ada perhatian dari Pemerintah terkait konservasi tukik ini. Dikatakan biaya operasional untuk konservasi tersebut lumayan besar, terutama dibiaya pakan untuk tukik. Meskipun demikian konservasi tukik tersebut selama ini tetap jalan, karena melalui konservasi tersebut bisa menarik pengunjung wisatawan di Pantai Yeh Gangga.

    Baca Juga:  Ini Dia Juara PLN Journalist Awards 2023 untuk Peliputan di Bali

    “Pesisir pantai Yeh Gangga mempunyai vibrasi yang sangat bagus secara spiritual. Kami harapkan dengan adanya konservasi ini menjadi tonggak awal edukasi ke masyarakat untuk pelestarian penyu,” ungkapnya. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi