Ekonomi BisnisGianyarNews UpdatePeristiwa

Disperindag Undi Los Pasar Rakyat Gianyar

    GIANYAR, Kilasbali.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar melaksanakan pengundian Los Pasar Rakyat Gianyar. Pengundian los untuk pedagang dihadiri Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan I Wayan Sadra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Luh Gede Eka Suary, di Pasar Rakyat Gianyar, Kamis (6/1).

    Pedagang yang akan direlokasi ke pasar yang baru tersebut merupakan pedagang lama yang sudah terdata untuk mengikuti rangkaian pengundian los.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Luh Gede Eka Suary mengatakan, teknis pengundian terlebih dahulu mengundang pedagang yang sudah terdata dan sudah terverifikasi pada saat perpindahan (pedagang existing).

    Setelah mendapat undangan mereka datang dengan membawa surat undangan dan melakukan proses registrasi serta langsung mengambil undian.

    Baca Juga:  Curi Motor di Bengkel, Pria Ini Ditangkap Polisi

    “Kita undang pedagang lama yang nama-namanya terverifikasi pada saat perpindahan, kemudian melaksanakan registrasi dengan membawa surat undangan dan langsung mengambil no undian,” kata Luh Gede Eka Suary.

    Lanjutnya, dari 1.589 los Pasar Rakyat Gianyar diundi selama 3 hari, mulai dari 6- 9 Januari 2022. Pengundian los dibagi menjadi 4 pos/tempat berdasarkan jenis dagangannya dan lantai, agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

    Untuk sementara, selama 6 bulan ini, Pasar Rakyat Gianyar akan digratiskan. Ke depannya akan dilaksanakan subsidi silang berupa retribusi atau sewa dengan payung hukum yang ada berupa Perda Retribusi.

    Baca Juga:  Amankan Jalur Mudik 2024, Polres Tabanan Atensi Dua Ruas Jalan Ini

    “Sekarang karena kesepakatan, selama 6 bulan perpindahan ini retribusinya akan digratiskan, dan setelah 6 bulan baru akan diproses. Memang sudah dipersiapkan mulai dari sekarang serta dengan payung hukum Perda Retribusi yang sudah ada,” kata Luh Gede Eka Suary.

    Salah seorang pedagang sayuran, Wayan Mas yang memperoleh los di Pasar Rakyat Gianyar mengatakan, dirinya ragu apakah bisa membayar sewa/retribusi karena kondisi ekonomi yang lesu di tengah pandemi Covid-19.

    Namun, mendengar bahwa retribusi pasar akan digratiskan selama 6 bulan, dirinya sangat berterimakasih kepada pemerintah serta merasa sangat terbantu serta dapat meringankan beban dirinya.

    Baca Juga:  Menghilang Empat Hari, Pria Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Saluran Irigasi

    “Mendengar sementara akan digratiskan, saya selaku pedagang kecil sangat berterimakasih kepada pemerintah, karena pedagang masih dikasih dispensasi untuk tidak membayar uang sewa/retribusi selama 6 bulan,” kata Wayan Mas

    Melihat kebersihan Pasar Rakyat Gianyar sekarang, dirinya berharap ke depannya kepada teman-teman pedagang bisa menjaga kebersihan agar kesan Pasar Rakyat Gianyar tetap bersih dan nyaman dan jauh dari kesan kotor dan kumuh. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi