CeremonialDenpasarEkonomi Bisnis

Geliatkan IKM di Tengah Pandemi

    DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali Wayan Koster membuka Pameran IKM Bali Bangkit Tahap I tahun 2022 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali di Denpasar, Kamis (20/1).

    Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Koster menyampaikan, pameran ini sinergi antara Dekranasda Bali, BPD Bali, dan Balimall.id.

    Dikatakan tujuan pameran di masa pandemi untuk mengeliatkan IKM Bali. “Pameran ini tak terlepas dari dukungan bapak Gubernur Bali Wayan Koster,” katanya.

    “Beliau menghadirkan para pembeli dari ASN yang masih dapat gaji di masa pandemi, cari bahan kostum kantor terkait kain endek. Sebab ASN di lingkungan Pemprov Bali bergantian hadir,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Wali Kota Denpasar di DTIK Festival 2024!

    Dalam kesempatan itu, Putri Koster juga menyampaikan tugas dan tanggungjawab Dekranasda adalah mengawasi, mengarahkan, dan membimbing IKM untuk memperkuat perekonomian Bali.

    Sebab ingin mengejar keuntungan jika salah pola tidak semudah membalikkan telapak tangan. Supaya warisan yang adi luhung tetap ada kualitasnya.

    Pameran kali ini pun diikuti oleh 700 IKM dengan cara bergantian. Bahkan dalam setahun harus 200 IKM baru yang ikut. “500 IKM bisa ikut ulang, dan 200 yang baru. Ini upaya kita untuk menjaga SDM dan kualitas produknya,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Kanwil DJP Bali Kumpulkan Penerimaan Pajak Sebesar Rp2,24 Triliun

    Sementara itu, Gubernur Bali, Wayan Koster yang membuka pameran ini menjelaskan awal perjalanan pameran tersebut dimulai pada tahun 2020. Meski tidak dianggarkan pameran itu bisa berjalan, bekerjasama dengan beberapa pihak.

    “Jangan setiap kegiatan harus ada biaya, tanpa biaya juga bisa dan ini pelajaran buat OPD. Tidak selalu harus dianggarkan, namun bisa dengan kerjasama, kolaborasi bisa berjalan malah bisa menghasilkan uang,” tegasnya. (jus/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi