CeremonialDenpasarSeni Budaya

Palebon Cokorda Pemecutan XI, Jalan Menuju Puri Mulai Ditutup Jumat Pukul 3 Pagi

    DENPASAR, Kilasbali.com – Puncak acara Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI pada hari Jumat (21/1/2022) jalan menuju Puri Pemecutan akan ditutup mulai pukul 03:00 Wita. Pihak Puri Pemecutan juga meminta permakluman dari para pengguna jalan atas ketidaknyamanan ini.

    Ketua Umum Warga Ageng Pemecutan, AA Ngurah Rai Sudarma ditemui Kamis (20/1/2022) mengatakan pihaknya meminta permakluman kepada masyarakat pengguna jalan atas ketidaknyamanan lalu lintas selama prosesi Palebon ini.

    Baca Juga:  Realisasi Pajak Daerah Pemkot Denpasar 29,16 Persen pada Triwulan I 2024

    “Rangkaian upacara Palebon pada Jumat (21/1/2022) dimulai sejak pukul 03:00 Wita akan ada penutupan jalan penuh karena ada pemelaspasan pemereman,” sebutnya.

    Sedangkan pada puncak acara Palebon, Rai Sudarma menjelaskan pada pukul 12:05 Wita bade sudah berjalan menuju Setra Agung Badung.

    Foto/sgt : Ketua Umum Warga Ageng Pemecutan, AA Ngurah Rai Sudarma

    Pada prosesi ini pukul 15:00 Wita ngaturang agni penyomyan yang sebelumnya dipasupati oleh Ida Pedanda, dimana prosesi ini memakan waktu kurang lebih 2 jam.

    Baca Juga:  Populasi Anjing di Prediksi 82.195 Ekor, Pemkot Denpasar Door to Door Vaksinasi Rabies

    “Sampailah Ida mapuja. Kira-kira jam 6 atau jam 7 malam kita akan nganyut ke segara. Prosesi saat Palebon dipuput oleh Ida Pedanda Gede Karang dari Griya Tampak Gangsul dan Ida Pedanda Gede Arimbawa dari Griya Sari Tegal. Ini yang munggah ke bade dan pemereman,” imbuhnya.

    “Sedangkan ke pebasmian Ida Pedanda Gede Telaga dari Griya Telaga Tegal dan Ida Pedanda Oka Keniten dari Griya Beraban,” jelasnya lagi.

    Baca Juga:  Ini Empat Kapolsek Anyar di Gianyar

    Ia menjelaskan untuk upacara Nganyut dilakukan di Pantai Kuta. “Ring Segara Kuta, lokasi tepatnya di sebelah barat Hotel Melasti Kuta,” pungkasnya. (sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi