DenpasarNews Update

Satgas Covid-19 Kota Denpasar Mulai Rujuk Pasien Isoman Menuju Isoter

    DENPASAR, Kilasbali.com – Langkah cepat diambil Pemkot Denpasar untuk mengantisipasi penularan Covid-19 meluas. Tak lama setelah rapat kordinasi, Satgas Covid-19 Kota Denpasar langsung menjemput pasien Isolasi Mandiri (Isoman) untuk dirujuk ke Isolasi Terpusat (Isoter) pada Minggu (23/1/2022) Sore.

    Juru Bicara Satgas Covid-19 di Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan hal ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut arahan Walikota Denpasat untuk mendukung wajib isoter sebagai upaya memutus penularan Covid-19 di Kota Denpasar.

    “Hari ini dengan cara yang humanis dan persuasif kami langsung proses penjemputan masyarakat yang yang sudah terkonfirmasi positif covid-19 yang tidak bergejala atau gejala ringan atau yang sedang isoman langsung dirujuk menuju lokasi isoter yang sudah disiapkan,” katanya.

    Ia menjelaskan, optimalisasi isolasi terpusat merupakan tindakan berkelanjutan untuk mencegah lonjakan kasus. Terlebih lagi saat ini untuk mengantisipasi penularan Varian Omicron.

    Baca Juga:  Kanwil DJP Bali Kumpulkan Penerimaan Pajak Sebesar Rp2,24 Triliun

    “Intinya kami ingin mengendalikan kasus sejak awal sehingga tidak meledak dan sampai menghentikan kegiatan perekonomian masyarakat lagi yang sudah mulai pulih. Jika kasus terkendali ekonomi tentu akan tetap bergerak,” imbuh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar ini.

    Dewa Rai menjelaskan, pelaksanaan isolasi terpusat hingga saat ini diyakini efektif dalam mencegah penularan Covid-19. Hal ini utamanya dalam klaster keluarga yang berpotensi menimbulkan ledakan kasus. Hal ini berkaca dari pengalaman penanganan kasus covid 19 tahun 2021 lalu.

    “Program isoter di Kota Denpasar sudah dari dulu, dan karena ini efektif tingggal dilanjutkan untuk mendukung percepatan penanganan pandemi dan mencegah penularan, dengan demikian ekonomi dapat bangkit kembali. Yang terbaru kita menyediakan salah satu hotel di pusat Kota Denpasar dan Wisma Werdhapura,” sebutnya.

    Baca Juga:  Ini Dia Juara PLN Journalist Awards 2023 untuk Peliputan di Bali

    Di sisi lain Dewa Rai menjelaskan kasus Covid-19 di Kota Denpasar kembali mengalami lonjakan. Berdasarkan data resmi harian penanganan Covid-19 Kota Denpasar pada Minggu (23/1), kasus meninggal dunia kembali nihil dan kasus sembuh bertambah 1 orang. Sementara itu, kasus positif Covid-19 melonjak sebanyak 23 orang.

    Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 38.052 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 36.973 orang (97,16) persen), meninggal dunia sebanyak 1.004 orang (2,64 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 75 orang (0,20 persen). (sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi