DenpasarNews Update

Kapolri Resmikan Sipanduberadat, Bisa Jadi Role Model Untuk Daerah Lain

    DENPASAR, Kilasbali.com – Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipanduberadat) bisa menjadi salah satu kekuatan baru untuk menjaga stabilitas kamtibmas khususnya menjaga kekayaan desa adat.

    Hal tersebut disampaikan Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo saat meresmikan dan mengukuhkan Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda) dan Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipanduberadat), Jumat (28/1/2022) di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Denpasar.

    Kapolri mengungkapkan ia sangat mengapresiasi forum Sipanduberadat yang diikuti oleh seribu lebih desa adat yang ada di Bali.

    “Ini menjadi salah satu kekuatan baru untuk menjaga stabilitas kamtibmas khususnya menjaga kekayaan desa adat yang di dalamnya ada berbagai macam kegiatan adat dan seni budaya. Kita semua tahu desa adat adalah basis ekonomi di tingkat hulu yang tentunya ini semua harus bisa berjalan dengan lancar. Dan itu semua bisa terjadi apabila stabilitas kamtibmas di desa adat dapat berjalan dengan baik,” ucapnya didampingi Gubernur Bali Wayan Koster.

    Baca Juga:  Ini Dia Juara PLN Journalist Awards 2023 untuk Peliputan di Bali

    Kapolri berharap ke depan forum Sipanduberadat ini bisa dikembangkan menjadi role model di provinsi lain yang juga memiliki basis adat.

    “Ini menjadi kekuatan baru untuk kita kembangkan dalam rangka menjaga stabilitas kambitmas yang tentunya menjadi salah satu modal dalam rangka kita mengembalikan pertumbuhan ekonomi, disamping tentunya mengendalikan Covid-19,” tegasnya.

    Khusus di Wilayah Bali, ia berharap lewat forum ini bisa mengembalikan pertumbuhan ekonomi, mengembalikan kegiatan wisata internasional, dengan berbagai budaya, adat, dan seni yang ada didalamnya yang menjadi kekuatan di Bali.

    Baca Juga:  Cek Pelayanan ‘Prima’ Kantor Samsat, Kapolres Gianyar: Jangan Persulit Masyarakat

    “Ke depan kita menghadapi event internasional dan kita akan menjadi tuan rumah G20. Ini semua kita harapkan berjalan dengan baik tanpa ada masalah atau letupan sekecil apa pun,” imbuhnya.

    Oleh karena itu, Kapolri memandang diperlukan sinergitas antara kekuatan adat bergabung dengan kekuatan nasional untuk menjaga dan mengamankan stabilitas tetap terjaga dalam pelaksanaan event G20.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi