CeremonialDenpasarSeni BudayaSosial

Upacara Danu Kerthi, Kota Denpasar Lepas Seribu Ikan di Dam Oongan

DENPASAR, Kilasbali.com – Upacara Danu Kerthi yang jatuh pada Sabtu (29/1/2022) atau bertepatan dengan Tumpek Uye, dipusatkan di Pura Bugbugan Ulun Danu Dam Oongan, Desa Adat Oongan Kelurahan Tonja.

Pada kesempatan ini Walikota Denpasar IGN Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede dan Pimpinan OPD melepas 1.000 ekor ikan jenis nila dan mujair, 9 ekor burung, dan 9 ekor ayam manca warna di sekitar Dam Oongan.

“Pelaksanan perayaan Rahina Tumpek Uye di Kota Denpasar sesuai dengan intruksi Gubernur Bali No. 1 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi,” ujar Jaya Negara.

Baca Juga:  PLN Raih Industry Marketing Champion Bali 2022

Lebih lanjut disampaikan persiapan rangkaian peringatan Rahina Tumpek Uye di Kota Denpasar diisi persembahyangan bersama sebagai implementasi kegiatan Niskala Upacara Danu Kerthi, melepas bibit ikan ke sumber mata air yakni di Dam Oongan sebagai kegiatan Sekala Danu Kerthi. Disamping itu melepas binatang seperti burung dan ayam di lokasi hutan yang berada di kawasan Dam Oongan.

Prosesi Tumpek Uye diawali dengan persembahyangan bersama yang dipimpin Ida Pedanda Made Taman Dwija Putra, Griya Paang, Banjar Paang Tengah.

Sementara Ketua Majelis Madya Desa Adat Kota Denpasar, A.A Ketut Sudiana menyampaikan perayaan dengan upacara Danu Kerthi sebagai intruksi Gubernur Bali.

Baca Juga:  Calon Pj Bupati Buleleng Sembilan Orang

Desa Adat di Kota Denpasar bersinergi dengan Pemkot Denpasar akan memperingati bersama-sama dipusatkan di Dam Oongan serta peringatan di tingkat desa/kelurahan, hingga desa adat dan lembaga sosial lainnya akan diinformasikan dalam kebersamaan perayaan Rahina Tumpek Uye. (sgt/kb)

Berita Terkait

Back to top button