Dilantik Jadi Ketua HKTI Bali, Edi Wirawan Siap Wujudkan ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ Menuju Bali Era Baru

Ceremonial Seni Budaya Sosial Tabanan Tokoh
Foto/m: Edi Wirawan saat dilantik sebagai Ketua DPD HKTI Bali.

TABANAN, Kilasbali.com – Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan yang dilantik menjadi Ketua DPD HKTI Bali memimpin ikrar pelantikan Dewan Pengurus Daerah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali masa bhakti 2022-2027 di Jati Luwih, Tabanan, Minggu (30/1/2022).

Mengusung tema “Petani Maju, Rakyat Makmur, Selaras Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, Edi Wirawan dilantik oleh Wakil Ketua Umum DPP HKTI, Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin TPL Tobing mewakili Ketua Umum DPP HKTI, Jenderal TNI (Purn) Dr. Haji Moeldoko.

Pelantilan itu, disaksikan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, I Made Urip, anggota Komisi IX DPR RI, Ketut Kariyasa Adnyana, Ketua DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama, dan sejumlah undangan penting lainnya.

Baca Juga:  Aman dan Nyaman Berwisata di Indonesia

“Amanat yang sangat mulia ini akan saya laksanakan sebaik-baiknya dalam rangka mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru,” katanya.

“Kita harus bisa menjaga lingkungan seperti komitmen Presiden Ke-5 Republik Indonesia, Ibu Megawati Soekarnoputri. Kita harus merawat bumi sehingga kelestarian alam mampu memberikan kesejahteraan. HKTI Bali mendukung penuh kebijakan nasional dalam rangka menjaga alam dan swasembada pangan,” tandasnya penuh keyakinan.

Merespons fenomena riil soal regenerasi petani, Edi Wirawan tak menampik petani tidak diminati oleh generasi muda. Ungkapnya, ke depan, Sinergi HKTI akan menggali pengolahan pertanian sehingga sektor ini menjadi magnet bagi kaum muda. Lebih jauh, pihaknya akan konsisten mendorong regenerasi petani tidak dimulai dari umur 50 tahun, tetapi mulai dari usia muda.

Baca Juga:  Cok Ace Ajak FPPI Bersinergi Sukseskan Program Pembangunan

“Mari kita gugah semangat anak muda menjadi petani di daerahnya sendiri. Sebagaimana pesan Presiden Ir. Soekarno, 27 April tahun 1952 saat peletakan batu pertama Fakultet Pertanian UI di Bogor. Soekarno sudah mencanangkan kedaulatan pangan, khususnya beras. Berseru Soekarno jadikanlah bangsamu ini bangsa yang kuat, bangsa yang merdeka dalam arti merdeka yang sebenar-benarnya! Buat apa kita bicara tentang ‘politik bebas’ kalau kita tidak bebas dalam urusan beras, yaitu selalu harus minta tolong beli beras dari bangsa-bangsa tetangga? … Buat apa kita membuang deviezen bermilyun-milyun tiap-tiap tahun untuk membeli beras dari negara lain, kalau ada kemungkinan untuk memperlipatganda produksi makanan sendiri?” tutup Edi Wirawan.

Baca Juga:  Parkir Sembarangan, Dishub Denpasar Pasangi Stiker Kendaraan Pelanggar

Dalam kesempatan yang baik tersebut, Wakil Ketua Umum DPP HKTI, Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin TPL Tobing mewakili Ketua Umum DPP HKTI, Jenderal TNI (Purn) Dr. Haji Moeldoko, S.I.P. mengajak masyarakat Bali agar tak ragu bergabung dalam keluarga besar HKTI. Tegasnya HKTI sah berdasarkan SK Kemenkumham RI No. AHU-0000883.AH.01.08 Tahun 2020. Sementara pelantikan I Made Edi Wirawan sah menjabat Ketua DPD HKTI Provinsi Bali mengacu SK nomor 101/SK/DPP-HKTI/I/2022.

Pada saat bersamaan turut diserahkan bibit Unggul M70 alias Moeldoko70 yang bisa panen 4 kali setahun. Bibit ini diproyeksikan ditanam pada lahan demplot seluas 5 hektar. (m/kb)