Pimpin Birokrasi di Masa Pandemi

Birokrasi Ceremonial Denpasar
Foto/ist: Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara tampak berfoto bersama disela-sela Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan JPT Pratama

DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menjadi pembicara pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Camat Pemkot Salatiga di Sanur, Rabu (9/3/2022).

Walikota Jaya Negara turut berbagi pengalaman dalam memimpin birokrasi di masa pandemi Covid-19.

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Salatiga Yulianto, Wakil Walikota Salatiga Muh. Harris, Sekda Kota Salatiga Wuri Pujiastuti serta Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkot Salatiga. Tampak hadir pula Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana.

Baca Juga:  Cok Ace Apresiasi Pemberian Tanda Mata Kementerian Agama

Walikota Jaya Negara menyatakan sharing session ini menjadi kehormatan bagi Pemkot Denpasar sebagai ajang saling berbagi pengalaman dan informasi sehingga momentum ini bisa menjadi embrio terbangunnya konektifitas antara Denpasar dan Salatiga.

Menurutnya, perkembangan global di era revolusi industri dengan derasnya arus transformasi teknologi saat ini memaksa mesin birokrasi untuk adaptif, juga menjadi tantangan dalam mengakselerasi tata kelola pemerintahan.

Dikatakanya, Bali khususnya Denpasar menjadi daerah yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi. Hal ini lantaran ekonomi bertumpu pada sektor pariwisata. Namun demikian, di masa pandemi, adaptif dan kolaboratif menjadi semangat untuk memotivasi kinerja jajaran birokrasi.

Baca Juga:  Danrem 163/Wira Satya Pantau Penyaluran Dana BTPKLW-Migor TNI Tahun 2022

“Kami berharap, kegiatan ini secara teknis dapat berkelanjutan untuk mendukung pertukaran inovasi dan strategi dalam memimpin kota di masa pandemi saat ini, tentu muaranya adalah kemajuan daerah wujudkan kesejahteraan rakyat,” kata Jaya Negara.

Walikota Salatiga, Yulianto mengatakan pelatihan ini bertujuan guna mengembangkan kompetensi PNS khususnya JPT Pratama dan Camat di Kota Salatiga.

Sehingga nantinya dapat meningkatkan keahlian PNS di berbagai bidang dalam mendukung optimalisasi tugas pokok dan fungsi. Seperti halnya meningkatkan kompetensi managerial, wawasan, kerja sama, sikap mental PNS khusunya level JPT Pratama dan Camat.

Baca Juga:  Grand Final Lomba Barista Kopi Bali, Mixologi Arak Bali dan Kuliner Pendamping Beras, Rangkaian HUT ke-49 PDIP Bali

“Muara dari kegiatan ini adalah meningkatkan IP ASN Pemerintah Kota Salatiga, serta saling tukar inovasi antara Pemkot Denpasar dan Pemot Salatiga guna mendukung kemajuan kedua daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,” jelasnya. (sgt/kb)