Tol Jagat Kerthi Bali, Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Denpasar
Foto/ist: Gubernur Koster tampak mendampingi Menteri Basuki meninjau peta Tol Jagat Kerthi Bali

DENPASAR, Kilasbali.com – Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi yang dinamai Tol Jagat Kerthi Bali dengan panjang 96,21 Km, melewati tiga kabupaten yakni Jembrana, Tabanan, dan Badung, diyakini bakal mampu memeratakan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi Bali.

Tol ini akan mampu menekan angka kecelakaan, memberikan solusi masalah kemacetan pada ruas jalan arteri nasional Gilimanuk – Denpasar. Kemudian memperlancar arus transportasi barang dan transportasi massal dari arah Bali Barat menuju ke arah Bali Timur atau sebaliknya.

Selain itu, juga akan mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Gilimanuk menuju Pusat Ekonomi di Bali, yang sebelumnya harus ditempuh dengan waktu mencapai 5 – 7 jam dalam kondisi normal, menjadi sampai 1,5 hingga 2 jam saja.

Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Presiden RI, Ir. Joko Widodo, Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono dan Gubernur Bali, Wayan Koster pun terlontar dari Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, dan Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa.

Bupati Tamba atas nama masyarakat Jembrana dia mengucapkan terima kasih dan merasa bangga serta bersemangat, karena pembangunan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi sudah mulai direalisasikan pembangunannya dengan adanya penandatanganan.

Menurutnya, adanya jalan tol ini akan mampu memajukan Kabupaten Jembrana, karena akan terjadi investasi di Bumi Makepung ini.

Baca Juga:  Kodam IX/Udayana Gelar Rakor Keluarga Berencana Kesehatan

“Terima kasih kepada Bapak Menteri PUPR dan Gubernur Bali yang sudah berjuang luar biasa mewujudkan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi. Astungkara secepatnya bisa terlaksana dan ini akan menuju kejayaan Kabupaten Jembrana,” ujar Tamba.

Bupati Sanjaya didampingi Ketua DPRD Tabanan dan Sekda Tabanan menyampaikan rasa bahagianya dan apresiasi kepada Menteri PUPR dan Gubernur Koster.

“Jalan tol ini akan mengurangi resiko kecelakaan, mengingat selama ini ada jalur yang terkenal dengan nama jalur tengkoraknya Bali, di mana kerap kali ada kecelakaan dan kemacetan akibat situasi kendaraan dari Jawa ke Denpasar begitu juga sebaliknya sangatlah tinggi,” kata Sanjaya.

Baca Juga:  Tanam Pohon Bambu Tangkal Erosi Bantaran Tukad Badung

Bupati Lumbung Beras Bali ini menambahkan, mewakili masyarakat Tabanan dirinya merasa berbahagia, karena pembangunan infrastruktur strategis ini telah dimulai.

“Gagasan dari Gubernur Koster juga patut kami apresiasi di dalam pembangunan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi, karena telah memperhatikan akses jalan untuk umat Hindu/Krama Bali yang akan menyelenggarakan upacara melasti. Jadi kami menyambut baik jalan Tol Jagat Kerthi Bali yang dibangun Tahun 2022 ini,” tandasnya.

Baca Juga:  Ajak Masyarakat Beli Produk UMKM di Marketplace PLN Mobile

Sementara itu, Sekda Adi Arnawa mendoakan pembangunan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi segera terwujud, dan mampu mengakselerasi percepatan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bali, khususnya di Bumi Keris Badung.

“Mudah mudahan program ini bisa terwujud dengan baik sesuai jadwal yang sudah ditentukan, dan kami atas nama Pemerintah Kabupaten Badung serta masyarakat Badung menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo, Menteri PUPR dan Bapak Gubernur Bali yang telah memfasilitasi terbangunnya Jalan Tol dari Gilimanuk – Mengwi,” singkat Adi Arnawa. (m/kb)