Jaya Negara Buka Lomba Ogoh-Ogoh Mini ST Bineka

Ceremonial Denpasar Seni Budaya
Foto/ist : Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka Lomba Ogoh-ogoh Mini dan sketsa ogoh-ogoh

DENPASAR, Kilasbali.com – Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka Lomba Ogoh-ogoh Mini dan sketsa ogoh-ogoh yang diselenggarakan Sekaa Teruna Bineka, Banjar Binoh Kelod, Sabtu (12/3/2022) di Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar.

Pelaksanana lomba yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 12-13 Maret diikuti 79 peserta.

“Karya ogoh-ogoh mini yang sangat luar biasa, dengan detailing karya yang sangat apik, bangga dengan karya anak muda Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Baca Juga:  'Matur Piuning' Jelang Hut Ke 65 Kodam IX/Udayana

Lebih lanjut Jaya Negara mengatakan ogoh-ogoh mini dengan kriteria yang telah ditentukan oleh panitia dan para peserta dari kalangan anak muda ini mampu menunjukan karya terbaiknya.

Penciptaan karya dari ide cerita, karakter, hingga gaya ogoh-ogoh dibuat sangat rapi dan detail.

“Jika kita lihat dalam membuat karya ogoh-ogoh yang kecil biasanya sangat sulit dan butuh waktu untuk membuat detailing dengan media yang sangat sempit, dibandingkan dengan membuat karya ogoh-ogoh ukuran besar dengan proses dan ruang yang lebih luas. Namun karya ogoh-ogoh anak muda Denpasar sangat luar biasa, saya sangat apresiasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Pelabuhan Benoa Diperketat, Duktang Diperiksa

Sementara Ketua Panitia Lomba, I Wayan Ari Okta Wiyasa Putra menyampaikan total peserta lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh diikuti total 79 peserta.

“Peserta yang mengikuti lomba dengan tiga kategori, kategori mesin, non mesin dan sketsa dengan peserta masing-masing mengikuti yakni untuk lomba ogoh-ogoh non mesin 27 peserta, mesin 16 peserta dan sketsa diikuti 36 peserta tanpa dipungut biaya pendaftaran,” ujarnya.

Dijelaskan pula lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa mengambil tema “satyam sivam sundaram” memiliki arti dalam bidang seni logika estetika dan keindahan.

Baca Juga:  Diduga Korban Agen Abal-abal, Chef asal Ubud Terlantar di Singapura

“Kami ingin menyalurkan kreativitas dalam situasi pandemi saat ini yang bertujuan peningkatan generasi muda dalam kebudayaan Bali yang berkaitan dengan ogoh-ogoh mini,” ujarnya.(sgt/kb)